Sahrul Gunawan Sentil Penanganan Bencana meski Belum Dilantik

Perlunya perbaikan penanggulangan bencana 

Kabupaten Bandung, IDN Times - Wakil Bupati Bandung terpilih Sahrul Gunawan pada Senin (12/4/2021) pukul 10.55 WIB mengunjungi lokasi bencana yang disebabkan oleh hujan deras disertai angin kencang di Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Pemukiman di Desa Cikadut, yang tepat berseberangan dengan Jl. Pasir Impun atas wilayah Kota Bandung itu diterjang terjang angin kencang pada Minggu (11/4/2021).

Sesampainya di lokasi Wakil Bupati Bandung terpilih, yang kerap disapa Aa Sahrul, langsung mendatangi salah satu rumah warga yang berada di RT01 RW08, Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Ia berharap dengan kondisi seperti ini , masyarakat dan petugas bisa bahu-membahu serta memikirkan solusi kedepannya.

"Hikmahnya, saat ini kita harus saling bahu membahu dan mencari solusi, terlebih bagi masyarakat yang berada di perbatasan. Sebelumnya (masyarakat sekitar) mengeluh pemerintah gak perhatian, dan kurang ada kemajuan (infrastruktur) di perbatasan," ucap Sahrul.

Selain mengungkapkan harapannya, apa saja yang dibicarakan Aa Sahrul di lokasi bencana Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan?

1. Soroti hunian KBU rawan bencana

Sahrul Gunawan Sentil Penanganan Bencana meski Belum DilantikIlustrasi lahan kritis. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Banyaknya pengembangan proyek properti di daerah rawan bencana seperti kawasan Bandung Utara (KBU) yang sudah disarankan untuk dibatasi karena berpotensi longsor, harus segera diantisipasi. Setidaknya itu yang menjadi sorotan Sahrul.

"Musibah kita kan gak ada yang tahu kapan datangnya. Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran buat kita semua seperti misalnya kawasan Bandung Utara. Memang secara aturan untuk membangun hunian sangat riskan dan rawan bencana, mudah-mudahan menjadi pengingat untuk semuanya," tuturnya.

2. Bicara pola penyaluran bantuan bencana yang efektif

Sahrul Gunawan Sentil Penanganan Bencana meski Belum DilantikIDN TImes/ Tempo Scan Group

Selain itu menurut Sahrul, pemerintah semestinya segera menyediakan skema mitigasi dan penyaluran bantuan bencana, mengingat area Kabupaten Bandung yang memang rutin mengalami bencana alam.

"Pas saya minggu lalu di Cimenyan dan Mekarsaluyu, itu kan masyarakat mengeluhkan, ingin bantuan secara tunai, terutama untuk material. Ini kan perlu verifikasi apa yang dibutuhkan masyarakat. Belum itu selesai, ada bencana lagi" ucapnya.

"Saya kira itu harus dibenahi. Karena sesuatu yang spontan dan tiba-tiba, maka penanganannya juga tiba-tiba. Artinya, perlu strategi khusus untuk itu karena itu kan menjadi tugas saya sebagai wakil bupati. Saya juga ingin setelah dilantik, ini menjadi perhatian," katanya.

3. Bela sungkawa bagi warga terdampak

Sahrul Gunawan Sentil Penanganan Bencana meski Belum Dilantikinstagram.com/sahrulgunawanofficial

Setelah berkoordinasi dengan aparat setempat rombongan, Wakil Bupati Bandung terpilih ini langsung mengunjungi rumah warga yang terdampak. Di sana, Sahrul mengungkapkan belasungkawa kepada warga. "Mudah-mudah tidak ada bencana serupa terjadi lagi," ucap sahrul.

"Saya harapkan (bencana) ini menjadi yang terakhir menjelang Ramadan 2021. Meskipun tentu kalau melihat cuaca, kita harus bisa mengantisipasi segala kemungkinan," tuturnya.

4. Ini catatan BPBD terkait kerusakan di Desa Cikadut

Sahrul Gunawan Sentil Penanganan Bencana meski Belum DilantikIDN Times/Aris Darussalam

Hujan dengan intensitas deras disertai angin kencang menerjang beberapa wilayah di Kabupaten Bandung, salah satunya di Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, pada Minggu (11/4/2021).

Kepala BPBD Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara mengatakan kejadian tersebut terjadi pada pukul 13.30 WIB. “Ada 55 rumah rusak di Desa Cikadut, selain itu masih di Desa Cikadut juga banyak yang mengalami kerusakan di antaranya satu mushola, satu lapangan futsal, dua warung atau cafe,” kata Akhmad Djohara.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya