Comscore Tracker

Ratusan Santri Pesantren Persis Rancaekek Kab.Bandung Divaksin COVID

Ikhtiar akhiri pandemi, upaya siapkan pendidikan tatap muka 

Kabupaten Bandung, IDN Times - Sebagai ikhtiar mengakhiri pandemi COVID-19, ratusan santri Pondok Pesantren Persatuan Islam (PPI) 24 Rancakek mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Para santri serta asatidz dan warga sekitar, mendapatkan vaksin gratis dari Pimpinas Pusat Persatuan Islam (PP Persis) yang berkoordinasi dengan Polisi Republik Indonesia (Polri), di halaman Pesantren PERSIS 24 Rancekek, Kabupaten Bandung, pada Rabu (18/8/2021).

Ketua Satgas COVID-19 PP Persis dr. Sony Ramdhani mengatakan, vaksinasi merupakan bagian dari ikhtiar dalam menekan laju penyebaran COVID-19 dan mengakhiri pandemi.

"Kita tahu vaksi ini mencegah penyebaran, kemudian juga mencegah orang dari sakit yang berat," ujar Sony Ramdhani saat ditemui IDN Times, di sela-sela kegiatan vaksinasi, yang dilakukan di Pondok Pesantren Persatuan Islam (PPI) 24 Rancaekek, Kabupaten Bandung, pada Rabu (18/8/2021).

1. Sebagai salah upaya dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka

Ratusan Santri Pesantren Persis Rancaekek Kab.Bandung Divaksin COVIDIDN Times/Aris Darussalam

Sony Ramdhani mengatakan, pendidikan merupakan satu korps terbesar bagi Persis. Sebanyak 324 lembaga pendidikan Persis tersebar di Jawa Barat dan seluruh Indonesia. Karena itu, menurutnya Persis bekerja sama dengan Polri untuk menggelar vaksinasi bagi santri salah satunya sebagai upaya dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka (PTM) kedepannya.

"Kami berharap semoga mereka juga bisa kembali belajar offline. Kenapa? karena mereka itu bukan hanya perlu belajar pengetahuan saja, tapi akhlak juga harus diperhatikan, mungkin ini yang menjadi kesulitan kalau tetap offline," tutur Sony.

Kemudian dirinya pun mengatakan, dari target vaksinasi yang sudah dilakukan dari gelombang ketiga Gebyar Vaksin ini, kurang lebih sekitar 10 ribu vaksinasi sudah dilaksanakan oleh Persis.

2. 25 persen kuota vaksin bagi masyarakat sekitar pesantren disediakan disetiap pelaksanaanya

Ratusan Santri Pesantren Persis Rancaekek Kab.Bandung Divaksin COVIDIDN Times/Aris Darussalam

Gebyar Vaksinasi Persis pun yang dilakukan bukan hanya untuk para santri atau jamaah Persis saja, Sony Ramdhani mengatakan, Persis pun memfasilitasi juga bagi masyarakat yang ingin divaksin.

"Gebyar Vaksinasi ini bukan hanya untuk santri atau jamaah Persis saja, tetapi untuk masyarakat luar yang ingin vaksinasi, kami fasilitasi juga," tutur Sony.

Adapun jumlah dosis vaksin yang diberikan untuk masyarakat, dirinya menyebut setiap penyelenggaraan di Kota dan Kabupaten telah disediakan 25 persen kuota vaksin bagi masyarakat sekitar persantren Persis. Hal tersebut menurutnya dikarenakan masih terbatasnya kuota vaksin yang dimilikinya Ormas Islam tersebut.

3. 511 dosis vaksin dilakukan di pesantren Persis 24 Rancaekek Kabupaten Bandung

Ratusan Santri Pesantren Persis Rancaekek Kab.Bandung Divaksin COVIDIDN Times/Aris Darussalam

Sementara itu, Ketua Pelaksana Gebyar Vaksin Pesantren Persatuan Islam (PPI) 24 Rancaekek, Ust. Arief Hadillah mengatakan, taget sebaran dosis ditempatnya mencapai 511 orang, terdiri dari santri, orang tua, alumni dan warga sekitar.

"Dari hasil pendaftaran secara online itu yang masuk sekitar 511 orang, itu terdiri dari santri, orang tua santri, alumni, dan warga sekitar," ujar Arief.

Dirinya pun mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari adanya kunjungan Polri yang kantor PP Persis yeng berada di Jalan Viaduct, Kota Bandung.

"Dari kunjungan pertama itu, ditawari mendapaatkan 15 titik pesantren yang tersebar di berbagai wilayah, salah satunya yaitu di PPI 24 Rancaekek," tutur Arif.

4. Diharapkan dapat mempercepat sebaran vaksinasi yang dicanangkan pemerintah

Ratusan Santri Pesantren Persis Rancaekek Kab.Bandung Divaksin COVIDIDN Times/Aris Darussalam

Ditempat yang sama, hadir pula Kapolsek Rancaekek Kompol Imron Rosyadi yang mengatakan, dengan adanya Gebyar Vaksin di Pesantren ini diharapkan dapat mempercepat vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.

"Untuk percepatan kegaitan vaksin, maka tni polri diminta oleh pemerintah untuk mempercepat vaksinasi, mudah - mudahan dengan begini target vaksinasi di Kabupaten Bandung bisa tercapai dengan baik," ujar Imron Rosyadi.

Baca Juga: Vaksin Sambil Wisata, Upaya Kabupaten Bandung Kejar Target Vaksinasi

Baca Juga: Ribuan Santri Purwakarta Disuntik Vaksin, yang Menolak Diminta Sadar

Baca Juga: Kejar Target Akhir Tahun, 3 Juta Santri se-Jawa Barat Mulai Divaksin

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya