Pencuri Bersenjata Api dan Pakai Jeep Willys di Bandung Ditangkap

Pelaku nekad melakukan aksinya siang bolong

Kabupaten Bandung, IDN Times - Media sosial diramaikan oleh rekaman video CCTV yang memperlihatkan aksi nekad pelaku pencurian dengan menodongkan senjata api di sebuah toko daerah Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Minggu (28/8/2021) lalu.

Kapolresta Kabupaten Bandung Kombespol Hendra Kurniawan mengatakan, tindakan mereka cukup nekad, karena beraksi di siang bolong ketika toko sedang ramai dikunjungi pembeli.

"Ada sebuah video viral, terkait kegiatan sekelompok orang, atau beberapa orang yang kemudian melakukan kegiatan penodongan senjata dan selanjutnya mencuri barang barang di sebuah toko," ujar Hendra Kurniawan kepada wartawan, di Mapolresta Kabupaten Bandung, pada Senin (30/8/2021).

1. Tiga orang pelaku berhasil ditangkap dan satu orang lainnya buron

Pencuri Bersenjata Api dan Pakai Jeep Willys di Bandung DitangkapIDN Times/Aris Darussalam

Setelah dilakukan penyelidikan, pada Minggu (28/8/2021), petugas akhirnya hari menangkap pelaku yang berjumlah tiga orang. Masing-masing dari mereka berinisial ZZ (40 tahun) tahun, SG (36) tahun, NK (43), dan satu lagi berstatus buron.

"Pelaku berjumlah empat orang, yang baru berhasil ditangkap tiga orang. Satunya lagi masih dalam pengejaran," tutur Hendra.

2. Pelaku menunggangi Jeep Willys, bikin ramai komunitas mobil Jeep

Pencuri Bersenjata Api dan Pakai Jeep Willys di Bandung DitangkapIDN Times/Aris Darussalam

Hendra Kurniawan mengatakan, setelah pelaku melakukan aksi pencurian dengan menodongkan senjata, mereka dikabarkan kabur menggunakan Jeep Willys.

Sontak hal itu pun menjadi perbincangan di komunitas pencinta mobil Jeep di wilayah Bandung. Namun Hendra memastikan, aksi tersebut tidak ada hubungannya dengan komunitas Jeep manapun.

"Selelah melancarkan aksinya mereka kabur menggunakan Jeep Willys, namun tidak ada hubungannya dengan komunitas Jeep manapun," Kata Hendra.

3. Barang bukti yang diamankan berupa peluru dan senjata ilegal

Pencuri Bersenjata Api dan Pakai Jeep Willys di Bandung DitangkapIDN Times/Aris Darussalam

Dari rumah salah satu pelaku, polisi menemukan ratusan amunisi ilegal beragam kaliber. Kasus tersebut pun kini terus dikembangkan oleh petugas kepolisian.

"Kita menemukan amunisi kurang lebih ada 250 butir berbagai kaliber, dan ini cukup berbahaya. Tidak boleh beredar di tengah masyarakat. Kita terus kembangkan keberadaan amunisi ini, mengingat keterangan dari pelaku ini masih berubah-ubah," tutur Hendra.

Adapun barang bukti lainnya yaitu berupa senjata ilegal laras makarof satu unit, laras calibre 22 satu unit, airsoft gun calibre, dan mobil Jeep Willys yang ditunggangi para pelaku.

"Kita amankan juga senjata dengan berbagai jenis baik laras maupun airsoft gun, komplit dengan pelurunya berbagai calibre, dan mobil Jeep Willys yang dikendarai pelaku" kata Hendra.

4. Pelaku terancam pasal berlapis dan kurungan 12 tahun penjara

Pencuri Bersenjata Api dan Pakai Jeep Willys di Bandung DitangkapIDN Times/Aris Darussalam

Akibat dari perbuatan nekad tersebut, para pelaku kini dikenakan pasal berlapis dengan ancaman kurungan penjara kurang lebih 12 tahun.

"Pasal yang diterapkan kemungkinan berlapis, pencurian dengan kekerasan pasal 365 dan kemungkinan kita terapkan juga terkait UU darurat tentang kepemilikan senjata api," ujar Hendra.

Baca Juga: 5 Negara yang Legalkan Warganya Memiliki Senjata Api

Baca Juga: Objek Wisata Bandung Ditutup, Kunjungan di Kabupaten Bandung Ikut Sepi

Baca Juga: Bawa Senjata Tajam, Pelaku Tawuran Serang Pemuda di Tangerang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya