Pemkab Bandung Cari Sekda Baru, Bupati Minta Seleksi Fair Play

Saat ini sepuluh orang calon sedang mengikuti uji kompetensi

Kabupaten Bandung, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung saat ini sedang mancari orang yang tepat untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda). Panitia seleksi pun telah membuka pendaftraan sejak tanggal 17 hingga 21 Mei 2021 lalu secara online.

Terdapat dua belas yang orang mengajukan diri, namun hanya sepuluh orang yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan rekam jejak. Saat ini mereka sedang mengikuti uji kompetensi yang digelar di Assesment Center Polda Jabar, Jalan Soekarno Hatta No.748 Kota Bandung, Kamis (27/4/2021).

Lantas seperti apa harapan Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna bagi calon Sekda yang akan menemaninya menjalankan roda pemerintahan?

1. Kelak sekda terpilih mampu mencapai target kepemimpinannya

Pemkab Bandung Cari Sekda Baru, Bupati Minta Seleksi Fair PlaySumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Dadang Supriatna mengatakan, sejak 26 April 2021 lalu, jabatan sekda diisi oleh Pejabat (Pj) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal itu diputuskan karena pejabat definitif sebelumnya yaitu Teddy Kusdiana meninggal dunia pada Agustus 2020.

“Dibutuhkan segera pejabat definitif Sekda Pemkab Bandung, demi tercapainya target kepemimpinan serta beberapa akselerasi program yang perlu kami lakukan.”

“Mengingat secara regulasi, keberadaan pejabat sekda memiliki durasi yang terbatas,” ujar Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna, saat memberikan sambutan uji kompetensi calon pejabat Sekda Pemkab Bandung, Kamis (27/4/2021).

2. Bupati akan lakukan diskresi apabila sudah ada tiga nama yang terpilih

Pemkab Bandung Cari Sekda Baru, Bupati Minta Seleksi Fair PlaySumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Ia menambahkan, jabatan sekda akan sangat melekat dengannya sebagai bupati. Maka itu, ia tidak akan gegabah dalam memutuskan siapa sekda yang akan dipilih.

Namun demikian, proses seleksi sekda sendiri diserahkan kepada pansel. Dadang Supriatna pun menambahkan, setiap keputusan seleksi akan berdasar pada assesment dari Mabes Polri.

"Setelah proses assesment selesai, nanti pansel akan melaporkan tiga nama yang lolos. Kalau sudah ada tiga nama, keputusan baru ada di saya. Nanti tiga nama itu diumumkan tanggal 9 Juni 2021,” tuturnya.

3. Jika target kerja tidak tercapai maka akan dievaluasi, pergantian pun bisa dilakukan

Pemkab Bandung Cari Sekda Baru, Bupati Minta Seleksi Fair PlaySumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Dadang pun mengatakan, calon sekda yang nantinya terpilih harus bisa mencapai target sesuai rencana kerja. Apabila dalam satu tahun masa kerjanya tidak bisa mencapai target, maka ia akan melakukan evaluasi dan jika perlu akan mengusulkan kembali seleksi sekda.

“Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat Kabupaten Bandung juga menandatangani pakta integritas, mulai saya bekerja dan saat rapat koordinasi awal 99 hari kerja,” ujar Dadang.

Ia pun berharap, open bidding sekda kali ini bisa dilakukan secara fair play dan lebih selektif.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya