Pemkab Bandung Belum Putuskan PTM 100 Persen

Masih menunggu angka capaian vaksinasi anak 6-11 tahun

Kabupaten Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menyatakan bahwa kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen di Jabar, ditentukan oleh kepala daerah di kabupaten dan kota masing-masing.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung siap untuk melaksanakan PTM 100 persen, apabila vaksinasi usia anak 6-11 di Kabupaten Bandung sudah mencapai target.

"Prisnsipnya kami siap untuk melaksanakan PTM 100 persen. Dan kemarin kami walaupun dalam kondisi libur gencarkan vaksinasi. Ini sebagai salah satu upaya untuk percepatan vaksinasi. Kalau anak anak kita sudha divaksin, maka saya optimis PTM 100 persen dapat dilaksanakan di kabupaten Bandung", kata Dadang Supriatna, kepada wartawan usia mengunjungi Telkom University, di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, pada Selasa (04/01/2021).

1. Berharap PTM penuh bisa dilakukan agar siswa lebih bergairah dalam mengikuti pembelajaran

Pemkab Bandung Belum Putuskan PTM 100 PersenIlustrasi pembelajaran tatap muka (Dok. SMP 5 Semarang))

Selain itu Dadang Supriatna mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya PTM para siswa di Kabupaten Bandung bisa lebih bergairah dalam proses pembelajaran. Karena menurutnya, kondisi saat ini sedikitnya membuat siswa kurang pencerahan dan kurang semangat belajar.

"Dengan PTM anak anak kita itu lebih bergairah dibandingkan dengan daring. Apalagi dengan kondisi saat ini, anak anak kita diam di kamar, tidak ada pencerahan, pada akhirnya tidak ada semangat" ujar Dadang Supriatna.

2. Vaksinasi anak sebagai syarat PTM, ditargetkan pekan depan selesai pelaksanaannya

Pemkab Bandung Belum Putuskan PTM 100 PersenIDN Times/Aris Darussalam

Adapun pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bandung saat ini masih terus dilakukan, ada 410 ribu anak yang menjadi sasaran vaksinsi usia 6-11 tahun. Sedangkan untuk pencapaiannya, vaksinasi anak usia 6-11 tahun ditargetkan dalam pekan ini bisa terselesaikan.

"Vaksin anak sudah berjalan. Karena targetan 6 - 11 tahun itu sekitar 410 ribu. Nah, saya yakin dalam Minggu depan ini selesai", tutur Dadang Supriatna.

3. Pemkab Bandung belum menentukan PTM secara penuh akan dilaksanakan, namun persiapan teknis harus dilakukan

Pemkab Bandung Belum Putuskan PTM 100 PersenIlustrasi pembelajaran tatap muka di sekolah (dokumen/IDN Times)

Meski hingga saat ini Pemkab Bandung belum menentukan pelaksanaan PTM secara penuh. Namun Dadang Supritana mengatakan, dalam pelaksanaannya tentu harus memiliki perencanaan hingga ranah teknis.

"Nanti kita lihat dari segi ruangan, kalau misalkan gemuk, berarti setengahnya, atau seperti apa, yang penting kita bisa melaksanakan PTM", kata Dadang Supriatna.

Baca Juga: Masuk PPKM Level 2, PTM 100 Persen di Kota Cirebon Dikaji Ulang

Baca Juga: Keputusan PTM Seluruhnya di Tangan Kabupaten dan Kota!

Baca Juga: Pemkot Bandung Belum Putuskan Pelaksanaan PTM 100 Persen untuk Siswa

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya