Objek Wisata di Kabupaten Bandung Diserbu Wisatawan, Lalu Lintas Padat

Polisi terapkan sistem one way untuk mengurai kemacetan

Kabupaten Bandung, IDN Times – Jumlah wisatawan di Kabupaten Bandung pada akhir pekan awal tahun 2022 meningkat signifikan. Terlihat sejumlah kendaraan wisatawan memadati arus lalu lintas menuju jalur kawasan wisata Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali (Pacira), Kabupaten Bandung.

Hal tersebut bahkan membuat petugas kepolisian harus menerapkan aturan one way atau buka tutup jalur guna mengurai anteran kendaraan yang melaju menuju jalur wisata. 

Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Rislam Harfian, melalui KBO Lantas Polresta Bandung, Yana, mengatakan, peningkatan kendaraan menuju kawasan wisata Pacira terjadi mulai pukul 07.00 WIB.

“Dari pagi, mulai pukul 07.00 WIB, peningkatan kendaraan menuju kawasan wisata Pacira sudah terjadi”, ujar Yana di sela kesibukannya saat mengatur arus lalu lintas di Pertigaan Sadu, Soreang, Kabupaten Bandung, pada Minggu (02/01/2021).

1. Libur awal tahun baru jalur wisata Pacira padat

Objek Wisata di Kabupaten Bandung Diserbu Wisatawan, Lalu Lintas PadatIDN Times/Aris Darussalam

Yana pun mengatakan, selain meningkatnya arus kendaraan menuju kawasan wisata Pacira, di Pertigaan Sadu juga terjadi penyempitan jalur.

"Jadi ada penyempitan jalur juga, yang dari arah Soreang dan Tol Soroja, bertemu di sini", kata Yana.

Selain itu menurutnya, jika dibandingkan dengan weekand hari biasa bukan libur awal tahun baru, tentu terdapat peningkatan kendaraan yang signifikan.

2. Sistem One Way kendaraan di terapkan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas

Objek Wisata di Kabupaten Bandung Diserbu Wisatawan, Lalu Lintas PadatIDN Times/Aris Darussalam

Untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas menuju kawasan wisata tersebut, Yana mengatakan, kepolisian sudah menerapkan one way atau buka tutup lajur. Bahkan petugas kepolisian sudah melakukannya sebanyak 5 kali.

"Untuk ke arah atas (Pacira) kiranya ada kepadatan langsung dikuras. Yang ke bawah ditutup, dari bawah ke atas dibuka, dari pagi tadi, sudah buka tutup 5 kali one way”, tutur Yana.

3. Para pengedara menuju jalur wisata Pacira diimbau untuk tetap hati-hati

Objek Wisata di Kabupaten Bandung Diserbu Wisatawan, Lalu Lintas PadatIDN Times/Aris Darussalam

Terkait berapa lama penerapan system one way akan dilakukan oleh petugas kepolisian, Yana mengatakan, hal itu tergantung kondisi seberapa panjang antrean kendaan terjadi.

"Jika tak terlalu panjang satu kali one way 15 menit, kalau panjang hingga 30 menit, tergantung penguraian antrian kendaraan," ujar Yana.

Untuk para wisatawan dan warga yang menggunakan kendaraan khususnya bagi yang melewati akses jalur menuju wisata Pacira, Yana pun mengimbau, agar selalu berhati-hati saat berkendara.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya