Jadi Wabup Bandung, Sahrul Gunawan Ingin Buktikan Tak Sekadar Populer

Berniat memberdayakan potensi masyarakat lebih maju

Kabuapten Banndung, IDN Times – Sahrul Gunawan resmi menjabat sebagai Waklil Bupati Kabupaten Bandung mendampingi Bupati Dadang Supriatna, setelah melewati perjalanan panjang Pemilihan Umum Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Setelah resmi mengemban amanah sebagai orang nomor dua di Kabupaten Bandung, ia berjanji untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa kehadirannya bukan hanya jadi vote getter yang hanya mentereng atas popularitasnya sebagai public figure di dunia hiburan.

“Ya memang semangat saya ke sini tidak ingin jadi votegater, bahakan sikap sudah tegas kepada bupati saya membantu beliau. Saya ingin membantu menguraikan, saya siap membantu pekerjaan yang real, semoga bisa dipenuhi beliau,” kata Sahrul, dalam wawancara khusus dengan IDN Times pada Senin (23/4/2021).

“Jangan sampai fungsi sebagai wakil hanya menjadi hiasan, lebih baik tidak ada wakil kalau nanti sistemnya begitu,” tambahnya.

1. Ingin mengoptimalkan industri kreatif

Jadi Wabup Bandung, Sahrul Gunawan Ingin Buktikan Tak Sekadar PopulerInstagram.com/sahrulgunawanofficial

Bagi Sahrul, Kabupaten Bandung sejauh ini memiliki potensi yang tak termanfaatkan dengan baik. "Saya ibaratkan Kabupaten Bandung ini seperti raksasa yang tertidur, memiliki potensi yang luar biasa,” katanya.

Sahrul Gunawan menilai bahwa Kabupaten Bandung untuk lebih maju lagi sangat besar, karena menurutnya memiliki potensi masyarakat yang kreatif, tinggal kehadiran negara lewat pemerintahan daerah harus mampu mengoptimalkannya.

“Ternyata luar biasa masyarakat Kabupaten Bandung itu kreatif. Kasarnya mah, sekali pun gak ada Pemda, warga Kabupaten Bandung mah geus harirup (sudah bisa hidup sendiri) gitu. Karena mereka kreatif menggerakan industri tekstil, kuliner, macam-macam, mereka memang kreatif, segala bisa jadi barang produk," tuturnya.

Bahkan, kata Sahrul, beberapa barang tekstil di penjuru Indonesia dan dunia diproduksi di Kabupaten Bandung.

2. Sahrul akan bikin pasar buat masyarakat

Jadi Wabup Bandung, Sahrul Gunawan Ingin Buktikan Tak Sekadar PopulerInstagram.com/sahrulgunawanofficial

Di sisi lain, Sahrul juga mencontohkan bahwa banyak pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta, yang sebenarnya merupakan warga Kabupaten Bandung. Mereka memilih untuk merantau karena tak memiliki pasar produktif di sekitar tempat tinggalnya.

Atas fenomena itu, Sahrul merasa mesti turun tangan dengan memberi solusi berupa fasilitas pasar bagi masyarakat.

“Dibuatkan tempatnya di sini. Artinya harus dipikirkan ke depannya. Baik secara offline atau pun online diberikan wadahnya, impact-nya kan orang-orang akan datang ke sini," ujar dia.

3. Sahrul ingin kembangkan wisata fashion

Jadi Wabup Bandung, Sahrul Gunawan Ingin Buktikan Tak Sekadar Populerinstagram.com/sahrulgunawanofficial

Selain itu, Sahrul juga mengatakan bahwa ia berencana membuat semacam wisata fashion Kabupaten Bandung yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Sejauh ini, kata dia, sarana dan prasarana di Kabupaten Bandung telah mendukung wisata itu, sehingga ia hanya perlu keseriusan untuk mengembangkannya.

Ini tentu pada akhirnya akan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintahan dirinya sendiri yang mendampingi Bupati Dadang Supriatna.

“Sarana dan prasarana Tol Soroja itu kan sudah bagus. Artinya kalau memang periode pemerintahan sebelumnya kurang bisa memaksimalkan secara baik, mari kita perbaiki," katanya

4. Janjinya banyak, namun tetap akan bersikap realistis

Jadi Wabup Bandung, Sahrul Gunawan Ingin Buktikan Tak Sekadar Populerinstagram.com/sahrulgunawanofficial

Berbagai hal yang diwacanakan itu, kata Sahrul, sudah menjadi rencana baginya sejak kampanye sebagai Calon Wakil Bupati Bandung. Namun, dalam pelaksanaannya, ia mengaku akan tetap bersikap realistis sehingga tidak akan memberikan janji palsu pada warga. 

“Saya bersikap realistis, karena tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Di lapangan kita mungkin berhadapan dengan berbagai kepentingan, termasuk konstalasi politik yang ada,” ujarnya.

“Jadi saya pun harus cukup bersabar sepertinya. Tapi intinya saya ingin membuat Kabupaten Bandung ini lebih maju dan populer, yang setiap orang mendengar perkembangannya,” tutur Sahrul.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya