Empat Orang Warga Kabupaten Bandung Positif Omicron

Pulang dari Afrika dilakukan isolasi namun masih bergejala

Kabupaten Bandung, IDN Times - Penyebaran virus COVID-19 varian Omicron kepada warga Indonesia saat ini terus bertambah. Keterpaparan itu diketahui menimpa seorang warga Kabupaten Bandung usai pulang dari Afrika.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bandung Grace Media membenarkan bahwa empat orang warga Kabupaten Bandung ada yang terpapar COVID-19 varian Omicron, di mana terinfeksi dari transmisi lokal. Mereka terdiri dari ibu, ayah, dan dua anaknya.

"Iya, betul transmisi lokal. Mr. X (ayah) menularkan ke anggota keluarganya. Satu rumah (yang terinfeksi) satu keluarga ada empat orang," ujar Grace Mediana melalui sambungan telepon, pada Senin (10/1/2022) siang.

1. Berawal dari sang ayah pulang perjalanan dari luar negeri tepatnya Afrika

Empat Orang Warga Kabupaten Bandung Positif Omicronilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Grace pun menjelaskan, kasus ini berawal dari sang ayah (Mr. X) baru saja pulang perjalanan dari luar negeri tepatnya Afrika. Kemudian, dia sempat menjalani isolasi selama dua pekan di Wisma Atlet, lalu pulang ke Kabupaten Bandung.

"Itu Mr. X adalah pelaku perjalan dari negara Afrika, kemudian sudah datang di Indonesia dengan sudah diduga dari negara-negara yang ada Omicron. Sudah dilakukan isolasi di Wisma Atlet, kurang lebih 14 hari," kata Grace.

2. Setelah isolasi masih ada gejala, akhirnya dilakukan tes PCR ulang hasilnya postif

Empat Orang Warga Kabupaten Bandung Positif Omicronilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Setelah itu, Mr. X kembali menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya. Hanya saja, dia mengalami gejala dan akhirnya menjalani swab PCR dan didapati hasil positif COVID-19, lalu ditindaklanjuti menggunakan metode genome sequencing.

"Tetapi karena bergejala COVID-19, kita lakukan pemeriksaan kembali dengan PCR tes dah hasilnya positif," tutur Grace.

3. Pasien dalam perawatan inap dengan kategori kuning atau memiliki gejala ringan

Empat Orang Warga Kabupaten Bandung Positif OmicronIDN Times/Aris Darussalam

Sebelumnya Direktur Utama (Dirut) RSUD Al Ihsan mengatakan, kondisi pasien Mr. X bersama keluarganya sedang dalam perawatan inap dengan kategori kuning atau memiliki gejala ringan.

Untuk gejalanya, menurut Dewi cenderung ringan sekali seperti flu, masuk angin. "Penularannya cepat, tapi dengan gejala yg ringan," tutur Dewi.

Baca Juga: Waspada! Sudah Ada 414 Orang Terinfeksi Omicron di Indonesia

Baca Juga: 6 Warga Depok Positif Omicron, Ada yang Terpapar Usai dari Puncak

Baca Juga: Waspada! Sudah Ada 414 Orang Terinfeksi Omicron di Indonesia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya