Dua Orang Pendaki Hilang di Gunung Malabar

Tim rescue telah diberangkatkan untuk pencarian korban

Kabupaten Bandung, IDN Times – Dua orang pendaki dikabarkan hilang di Gunung Malabar, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, pada Senin (31/01/2022). Kedua pendaki tersebut bernama Ace (33 tahun) dan Yoga (14) warga Desa Baros, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung.

Kabar tersebut diketahui setelah pihak keluarga melaporkan hilangnya pendaki ke Pusdalops BPBD Kabupaten Bandung dan Kantor SAR Bandung.

Dalam keterangan resmi kantor SAR Bandung, kedua pendaki telah memutuskan untuk turun terlebih dahulu dan menunggu di Legok, yang berada pada koordinat 7° 7'39.52"S 107°38'11.70"E. Namun, saat hendak ditemui rombongan, baik Ace dan Yoga tak ada di titik koordinat tersebut.

"Kemudian rombongan melakukan pencarian kedua survivor selama kurang lebih tiga jam, dengan hasil pencarian nihil," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah dalam keterangannya pada Selasa, (1/2/2022).

1. Satu tim rescue telah diberangkatkan untuk menemukan dua pendaki yang hilang

Dua Orang Pendaki Hilang di Gunung MalabarSumber Foto : Humas Kantor SAR Bandung

Deden mengatakan, saat ini pihaknya telah memberangkatkan satu tim rescue untuk menemukan dua pendaki tersebut. Tim diluncurkan pukul 06.10 WIB.

"Setelah sebelumnya berkoordinasi secara intens dengan BPBD Kabupaten Bandung, potensi SAR dan keluarga korban yang berada di basecamp pendakian. Diketahui dari keluarga korban, kedua survivor tidak membawa perlengkapan survival yang lengkap karena rencana awal tidak akan berkemah di puncak," ujar Deden.

2. Sebelum hilang, dua pendaki memutuskan untuk turun terlebih dahulu dari rombongan

Dua Orang Pendaki Hilang di Gunung Malabarcommons.wikimedia.org

Sebelumnya sesampainya di puncak Gunung Malabar, kedua pendaki sempat bertemu dengan satu rombongan yang berjumlah enam orang yang sudah naik sejak Sabtu (29/1/2022). Mereka memutuskan berkemah bersama dan turun pada Senin (31/1/2022) sekitar pukul 12.16 WIB.

Ace dan Yoga pun sebelumnya dikabarkan telah memutuskan untuk turun terlebih dahulu dan menunggu di Legok, yang berada pada koordinat7° 7'39.52"S 107°38'11.70"E. Namun, saat hendak ditemui rombongan, baik Ace dan Yoga tak ada di Legok.

Kemudian rombongan mencari kedua pendaki selama kurang lebih tiga jam, dengan hasil pencarian nihil, yang ditemukan hanya motor milik pendaki yang masih terparkir di Kantor Desa Mekarjaya.

3. Tim rescue yang telah diberangkatkan dilengkapi peralatan yang lengkap

Dua Orang Pendaki Hilang di Gunung MalabarSumber Foto : Humas Kantor SAR Bandung

Demi kelancaran proses pencarian itu, tim rescue yang diturunkan dengan dilengkapi peralatan yang lengkap.

"Satu tim rescue menggunakan satu Unit Rescue Car Double Cabin dan membawa satu Set Palsar Mountenering, dua lembar peta rupa bumi Gunung Malabar, satu Set Peralatan Navigasi, satu Set Peralatan Alkom, dan satu Set Peralatan Medis dan APD Personal," tutur Deden.

Baca Juga: Radio Malabar: Mega Proyek Koloni Belanda di Bandung yang Penuh Ambisi

Baca Juga: Sejarah Radio Malabar, Ketika Suara Ratu Belanda Tersiar di Bandung

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya