Dua Kasus Gagal Ginjal Akut Ditemukan di Kabupaten Bandung

Dua anak dibawah umur 12 tahun menjadi suspect penyakit ini

Kabupaten Bandung, IDN Times - Kasus gagal ginjal akut misterius pada anak-anak ditemukan di Kabupaten Bandung. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung menyebutkan, ada dua kasus gagal ginjal akut terkonfimasi menyerang dua anak dibawah umur 12 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bandung Grace Mediana mengatakan, dua anak yang sudah terkonfirmasi tersebut kini kondisinya sedang dalam perawatan.

"Sekarang sudah ada dua anak yang terkonfirmasi, informasinya yang satu kelihatannya aman karena tidak dirujuk," ujar Grace, saat dikonfirmasi, Jumat (21/10/2022).

1. Dua pasein terkonfirmasi gagal ginjal akut, satu pasien kondisi berat sudah dirujuk ke RSHS

Dua Kasus Gagal Ginjal Akut Ditemukan di Kabupaten Bandungilustrasi cuci darah atau dialisis pada pasien gagal ginjal kronis (hopkinsmedicine.org)

Grace menuturkan, berdasarkan catatan riwayat medisnya dua pasien tersebut memiliki dua kategori, satu masuk kategori berat dan satu lagi masuk kategori sedang.

Adapun untuk pasien yang kondisi berat saat ini sudah dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). Grace pun mengatakan, untuk kedua pasien tersebut rentang usianya kini masih dibawah umur 12 tahun.

"Yang pertama ketahuan itu cukup berat, tapi mudah-mudahan bisa ditangani. Kedua pasien masih di bawah 12 tahun," tutur Grace.

2. Ada satu lagi pasien yang sedang diobservasi, namun belum dipastikan gagal ginjal akut

Dua Kasus Gagal Ginjal Akut Ditemukan di Kabupaten BandungGoogle

Selain itu Grace mengaku, sebenarnya ada satu lagi pasien yang sedang diobservasi, apakah kondisinya sama dengan kedua pasien terkonfirmasi gagal ginjal atau tidak, yang jelas pihaknya kini masih mendalami kasus itu dan belum bisa memastikan.

"Ini masih dalam pemeriksaan antara keracunan obat atau bukan tapi kondisinya aman. Artinya yang terkonfirmasi terpapar baru dua, satu lagi masih dalam pemeriksaan," kata Grace.

3. Tenaga kesehatan diminta tetap fokus dan siaga menghadapi pasien gagal ginjal akut

Dua Kasus Gagal Ginjal Akut Ditemukan di Kabupaten BandungIlustrasi ginjal yang bermasalah (preferredvasculargroup.com)

Munculnya kasus gagal gunjal misterius di Kabupaten Bandung, Grace meminta semua tenaga kesehatan tetap fokus dan siaga, meski sebenarnya ia berpendapat bahwa untuk pasien gangguan ginjal akut tidak memerlukan tempat khusus karena bukan termasuk penyakit menular.

"Tapi semua disiapkan antisipasi penangananya karena angka kesakitannya tak banyak, tapi berakibat fatal," ujar Grace.

Untuk pasien gangguan ginjal akut, Grace mengatakan, yang penting adalah antisipasi bagi masyarakat yang terkena penyakit tersebut harus cepat mendapat perawatan jangan sampai harus menunggu-nunggu tindakan medis.

"Tenaga kesehatan juga jangan menunggu-nunggu, dan jangan memberikan obat-obat yang sudah diintruksikan oleh kemenkes, yakni jangan memberikan obat sirup penurun panas, itu sudah diinfokan dan semua sudah membaca juga," tutur Grace.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya