Bedas Coffee Festival, Ajang Kolaborasi Penggiat dan Petani Kopi

Guna tingkatkan popularitas olahan kopi asli Kab.bandung 

Kabupaten Bandung, IDN Times - Para pegiat dan kelompok petani kopi terlihat antusias saat memamerkan varietas kopi asal Kabupaten Bandung dalam kegiatan Bedas Coffee Festival yang digelar di Balerame, Soreang, Kabupaten Bandung.

Seperti salah seorang peserta kegiatan tersebut yaitu Risman Firmansyah mengatakan, acara tersebut dinilai bermanfaat baik untuk saling berkolaborasi meningkatkan popularitas olahan kopi asal Kabupaten Bandung dari proses hulu hingga hilirnya produk yang mereka miliki.
"Kegiatan ini saya rasa sangat bermanfaat, bisa berkolaborasi memasarkan produk serta meningkatkan polularitas varietas kopi asli asal Kabupaten Bandung," kata Risman saat ditemui di stand miliknya, saat kegiatan Bedas Coffee Festival yang digelar di Balerame, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (24/8/2022).

1. Jadi ajang kolaborasi dan solusi permasalahan penggiat kopi

Bedas Coffee Festival, Ajang Kolaborasi Penggiat dan Petani KopiIDN Times/Aris Darussalam

Risman mengaku, ia memproduksi kopi, mulai dari penanaman, hingga kopi siap minum. Meski sebenarnya ia mengaku lebih menjual kopi berupa roast bean dengan merek yang diusungnya yaitu Kopi Dedegler.

"Kami tak menjual green bean, paling roast bean atau kopi siap minum," ujar Risman.

Ia pun menuturkan, dengan adanya kegitan tersebut berharap kendala yang dihadapi para penggiat dan kelompok petani kopi di Kabupaten Bandung bisa menjadi perhatian juga oleh pihak pemerintah.

"Kendala sekarang gagal panen, kami mengalami penurunan panen hingga 40 persennya. Mungkin juga para petani lainnya, mudah-mudahan ada dorongan dan perhatian dari pihak pemerintah" tutur Risman.

2. Gelorakan kopi Kabupaten Bandung sebagai kopi terbaik

Bedas Coffee Festival, Ajang Kolaborasi Penggiat dan Petani KopiIDN Times/Aris Darussalam

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Wawan A. Ridwan sebagai penanggung jawab pelaksanaa kegiatan mengatakan, Bedas Coffee Festival merupakan acara rutin tahunan dalam rangkaian peringatan HUT RI, juga sebagai ajang promosi bagi kopi Kabupaten Bandung yang dilakukan oleh Pemkab Bandung.
"Kami ingin menggelorakan, kalau Kabupaten Bandung itu surganya kopi di Jawa Barat dan Penghasil Kopi nomor 1 di Dunia," ujar Wawan, Selasa, 23 Agustus 2022.

Bedas Coffe Festival menurut Iwan dihadiri sekitar 46 penggiat kopi perwakilan dari kelompok petani asal Kabupaten Bandung.

3. Berharap adanya efek domino

Bedas Coffee Festival, Ajang Kolaborasi Penggiat dan Petani KopiIDN Times/Aris Darussalam

Dirinya pun berharap dengan gelaran festival ini, akan ada efek domino yaitu terjadinya potensi ekonomi berkepanjangan bagi penggiat dan petani kopi di kemudian hari.

"Terlebih dengan gelaran kegitan festival ini akan menghadirkan buyer-buyer kopi, yang melahirkan efek domino peningkatan potensi ekonomi," kata Wawan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya