Comscore Tracker

3 Calon Sekda Kabupaten Bandung Ditetapkan, Apa Saja Tugas Mereka?

Millenial Kabupaten Bandung harus tahu peran jabatan ini

Kabupaten Bandung, IDN Times - Tahapan pelaksanaan lelang terbuka atau open bidding jabatan tinggi pratama (JPT) calon sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Bandung yang digagas Bupati Bandung Dadang Supriatna, mendapat perhatian besar dari masyarakat Kabupaten Bandung.

Dari sepuluh nama kandidat yang mendaftarkan diri menjadi calon Sekda Kabupaten Bandung, telah ditetapkan tiga nama yang dinyatakan lolos tahap selanjutnya oleh panitia pelaksana (Pansel) berdasarkan surat nomor : 820/24/PANSEL/2021, pada Rabu (09/6/2021). Ketiga calon sekda tersebut antara lain Ahmad Djohara, Asep Wahyu, dan H. Cakra Amiyana.

Ketiga nama tersebut nantinya akan dipilih oleh Bupati Dadang Supriatna dan akan diusulkan olehnya kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Lantas sebenarnya seberapa penting peran jabatan Sekda dalam pemerintahan daerah? Millenial Kabupaten Bandung perlu tahu peran strategisnya!

1. Sekda punya pengaruh yang cukup kuat, apalagi untuk masalah pembangunan daerah

3 Calon Sekda Kabupaten Bandung Ditetapkan, Apa Saja Tugas Mereka?Sumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Pengamat kebijakan publik Universitas Padjajaran (Unpad) Yogi Suprayogi menjelaskan, sekda memiliki peran penting dalam menjalankan roda pemerintahan daerah. Baik di pemerintahan tingkat provinsi ataupun di pemerintahan kota dan kabupaten.

Meski jabatan ini notabene diisi oleh kalangan pegawai negeri sipil (PNS), tapi sekda memiliki peran strategis dan juga politis untuk memuluskan visi dan misi pimpinan daerah.

"Sekda itu sangat penting dan paling vital, kenapa? Karena super boss-nya untuk ASN, atau pejabat negara. Dia itu mempunyai pengaruh yang cukup kuat, apalagi masalah pembangunan. Karena sekda definitive lah yang bisa menjalankan fungsi anggarannya. Kalau Plt atau PJ, tidak memiliki fungsi itu jadi agak sulit," ujar Yogi saat dihungungi lewat telepon oleh IDN Times, Kamis (10/6/2021).

2. Sekda harus bisa menjembatani keinginan atasannya dalam koridor implementasi kebijakan

3 Calon Sekda Kabupaten Bandung Ditetapkan, Apa Saja Tugas Mereka?Sumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Selain itu, Yogi Suprayogi pun mengatakan, mengenai batasan peran dan fungsinya politiknya, sekda harus bisa menjebatani keinginan atasannya baik bupati ataupun wakil bupati khususnya dalam koridor fungsi implementasi kebijakan.

"Fungsi politis dalam artian sebagai kepanjangan tangan bupati dan wakil bupati ketika menjelaskan kebijakan pemerintah, saat ditanyai DPRD misalnya. Jadi fungsi politisnya merupakan fungsi koordinasi dengan legislatif," tutur Yogi.

3. Wawasan sekda harus tidak kalah dari kepala daerah

3 Calon Sekda Kabupaten Bandung Ditetapkan, Apa Saja Tugas Mereka?Sumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Selama ini, lanjut Yogi, posisi ini erat kaitannya dengan penunjukan pimpinan daerah secara tidak langsung. Artinya meski siapa pun bisa ikut serta dalam pemilihan, tapi tangan pimpinan daerah presentasenya lebih tinggi dalam menentukan siapa cocok mendampingi mereka dalam pemerintahan.

"Diskresi oleh Bupati memang boleh, karena dalam undang-undang ASN pun diatur demikian. Dan itu memang hak preogratif bupati", kata Yogi.

"Namun sebagai orang ketiga terpenting dalam pemerintahan daerah, sosok sekda harus memiliki wawasan yang tidak kalah dengan para pimpinan," tuturnya.

4. Jangan sampai pemilihan Sekda bermasalah seperti daerah lain

3 Calon Sekda Kabupaten Bandung Ditetapkan, Apa Saja Tugas Mereka?Sumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Yogi Suprayogi pun mengingatkan Pemerintah Kabupaten Bandung agar tak salah langkah, dalam melakukan pemilihan sekda seperti yang sempat terjadi di daerah lainnya.

Sebab, selain nama baik pemerintah daerah itu sendiri, saat ini setiap hal yang dilakukan sekda pilihan kepala daerah bisa jadi digugat oleh masyarakat atau pihak mana pun.

"Masalah sekda ini juga integritas dari pemerintahan daerahnya. Jangan sampai nantinya menjadi preseden buruk bagi Kabupaten Bandung," ujar Yogi.

Topic:

  • Aris Darussalam
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya