Perakitan Pesawat R80 di Bandara Kertajati Semakin Mendekati Kenyataan

Kawasan aerocity Kertajati tersedia seluas 400 hektare

Majalengka, IDN Times - PT Regio Aviasi Industri (RAI) memastikan pembuatan pesawat R80 terus berjalan. Purwarupa atau prototipe pesawat R80 rencananya akan mulai dibuat tahun ini. Namun belum diketahui investor yang dimaksud, termasuk nilai investasinya karena masih proses perundingan. 

Pesawat R80 merupakan jenis pesawat baling-baling untuk penerbangan jarak pendek dengan landasan pendek. Sehingga sangat cocok dengan kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Dimanakah pesawat R80 itu akan dirakit?

1. Lahan 400 hektare sudah disiapkan

Perakitan Pesawat R80 di Bandara Kertajati Semakin Mendekati KenyataanHumas BIJB

Lokasi perakitan prototipe pesawat R80 memang belum diputuskan. Tetapi, ada dua alternatif lokasi pembuatan yang sedang dibahas saat ini. Pertama, perakiatan pesawat R80 bisa dilakukan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat dan alternatif kedua di Batam. Pembuatan pesawat juga melibatkan PT Dirgantara Indonesia (DI) sebagai bagian dari konsorsium.

Dengan beroperasinya Bandara Kertajati, terdapat kawasan aerocity yang di sana terdapat kawasan industri. Dalam waktu dekat, harapannya sudah bisa diputuskan untuk mulai membangun pabrik di lokasi itu. 

Direktur PT BIJB M Singgih masih belum mau berkomentar terkait hal itu, menurutnya hal itu masih sebatas wacana dan belum masuk putusan final. Akan tetapi pihaknya saat ini terus menggenjot optimalisasi bandara.

“Kita lihat saja nanti perkembangannya. Jika memang wacana itu jadi, lahan untuk pengembangan disini kan masih luas. Ada aerocity juga, jadi kemungkinan itu ada,” tandas dia. 

Sebab aerocity yang mengusung konsep aerotropolis sebagai penyangga bandara menyediakan logistik hub di area lahan 400 hektare. Konsep aerotropolis ini kegiatan industrinya adalah yang terkait secara langsung terhadap kegiatan kebandarudaraan maupun turunan rantai industrinya.

"Luasan yang diperuntukan untuk logistik hub untuk mencapai 400 hektare lebih. saya pikir itu siap," terangnya.

Untuk sekarang, kata singgih pihaknya masih mengoptimalkan layanan penerbangan melalui target pasar potensial lainnya dikomoditas non-penumpang. Sehingga Bandara Kertajati bisa menjadi alternatif dikebutuhan lainnya untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor logistik. Sebagai tujuan awal kata Singgih bahwa Bandara Kertajati diproyeksikan akan menjadi pusat hub pergerakan orang dan barang.

"Menjadikan Kertajati sebagai Bandara e-commerce adalah ide yang baik. Saat dimana sekarang jumlah penumpang belum optimal, tapi kita sebagai bandara yang akan dioptimalkan melalui basis kargo e-commerce ini jelas bagus. Karena memang kargo yang sekarang ada itu saat ini 4.500 meter persegi, ini sudah siap dan ini hanyalah tahap awal," kata Singgih, Rabu (20/3).

Pusat logistik di parimeter Bandara Kertajati, menurut Singgih tersedia di atas 20 hektare lahan. Jika kebutuhan kargo terus meningkat, kawasan aerocity yang hanya berjarak dua kilometer dari bandara bisa menjadi pilihan tepat.

2. Strategi meningkatkan keramaian bandara

Perakitan Pesawat R80 di Bandara Kertajati Semakin Mendekati KenyataanHumas BIJB

Dia memandang positif jika Bandara yang sudah resmi beroperasi pada Juni 2018 lalu diproyeksikan menjadi pusat logistik khususnya di e-commerce. Ini juga salah satu startegi untuk menumbuhkan keramaian di Bandara Kertajati dengen meningkatkan frekuensi penerbangan. Sejalan dengan hal tersebut PT BIJB terus menyempurnakan system IT.

Kata Singgih, mayoritas mobilitas pergerakan barang itu berkutat di tiga provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Sedangkan Jawa Barat menjadi sumbangsih terbesar secara nasional untuk pendistribusian barang keluar dengan angka 40 persen. "Karena pesawatkan enggak harus orang, kalau khusus kargo ya bisa jalan juga. Jadi dari hasil yg disampaikan, e-commerce itu mayoritas perputaran barang menjangkau wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten jadi pas kalau di Kertajati," terangnya.

3. Ridwan Kamil ingin BIJB jadi bandara cargo e-commerce

Perakitan Pesawat R80 di Bandara Kertajati Semakin Mendekati KenyataanIDN Times/Humas Jabar

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat ( Jabar) Ridwan Kamil mendorong Bandara Kertajati untuk dijadikan bandara kargo e-commerce. Emil mengatakan, sudah ada industri aviasi Asia dan Singapura yang tertarik bekerja sama dengan BIJB. Menurut Emil bisnis e-commarce diprediksi akan terus tumbuh pesat dalam kurun lima tahun ke depan. Emil menilai e-commerce merupakan bisnis besar di Asia Tenggara yang diprediksi dalam waktu lima tahun potensi peluangnya mencapai 80 miliar dollar AS atau sekitar Rp1.000 triliun. Bandara Kertajati, kata Emil, dipilih lantaran kargo e-commarce di Bandara Soekarno Hatta dinilai overload.

4. BIJB Siap bangun cargo e-Commerce

Perakitan Pesawat R80 di Bandara Kertajati Semakin Mendekati KenyataanIDN Times/Andra Adyatama

Selain itu, M Singgih menambahkan, PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) menyambut baik jika pemerintah mendorong Bandara Kertajati menjadi pusat logistik e-commerce melalui sarana kargo. Kargo Bandara Kertajati untuk penyedia layanan domestik mulai dioperasikan April 2019 oleh PT Angkasa Pura Kargo (APK).

Adapun untuk penyedia layanan kargo internasional, mulai dibuka pada Mei 2019. Layanan perputaran logistik internasional dioperasikan PT Jasa Angkasa Semesta (JAS).

5. Sudah ada investor pembangunan kawasan aerocity

Perakitan Pesawat R80 di Bandara Kertajati Semakin Mendekati KenyataanIDN Times/Google

Sebelumnya, pembangunan aerocity Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) diminati oleh perusahaan Singapura. Sekda Provinsi Jabar Iwa Karniwa menjelaskan bahwa perusahaan ini merupakan perusahaan BUMN di Singapura.

“Perusahaan Singapura berminat menjajaki melakukan peluang investasi di Kawasan Aerocity Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka,” jelas Iwa, melalui pres rilis yang diterima.

Sekda menambahkan, bahwa kemarin Pemprov Jabar menerima pimpinan PT Surbana Jurong and Enterprise Singapore yang merupakan perusahaan konsultan internasional yang berafiliasi pada BUMN Singapura Temasek.

“Jadi kedatangan mereka untuk menjajaki potensi kerja sama terutama terkait smart city dengan Jawa Barat, termasuk Aerocity Bandara Kertajati,” paparnya.

Selain membahas kerja sama yang bersifat kemitraan antara Singapura dan Jawa Barat, PT Surbana Jurong juga telah mendapatkan penawaran dari pihaknya terkait investasi di kawasan Aerocity Bandara Kertajati, Majalengka.

“(PT) Surbana Jurong and Enterprise berminat menggarap LRT Bandung Raya, SPAM Jatigede dan aerocity Bandara Kertajati,” jelasnya.

Dia mengatakan perusahaan yang juga menggarap masterplan TOD Walini untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut tengah menjajaki sejumlah peluang investasi dan kerja sama baru dengan Jawa Barat.

“Untuk Aerocity Bandara Kertajati mereka akan membuat diskusi lebih lanjut, ini sifatnya penjajakan. Karena peluangnya terbuka di sana,” katanya.

PT Surbana Jurong, lanjut Iwa, juga menyampaikan kemampuan menarik mitra investor berikut mitra finansial dari Singapura untuk masuk kekawasan komersial aerocity Bandara Kertajati.

Sehingga dia berharap jika terealisasi, maka kawasan aerocity Bandara Kertajati yang ruangnya sudah dipetakan oleh PT BIJB peruntukkannya bisa terisi oleh tenant-tenant internasional. “Hal ini baru tahapan minat, jadi memang perlu pertemuan lanjutan,” kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya