Melihat Keseruan Ketika Anggota TNI Menjadi Pustakawan

Anak-anak tampak antusias membaca

Majalengka, IDN Times - Sejumlah anggota Babinsa di Kabupaten Majalengka diturunkan menjadi pustakawan keliling dengan menggunakan sepeda motor. Mereka datang ke sejumlah desa menyusuri tempat-tempat keramaian mengajak masyarakat mau membaca buku.

1. Buku bacaan masih lebih menarik dibanding buku digital

Melihat Keseruan Ketika Anggota TNI Menjadi PustakawanIDN Times/Andra Adyatama

Ketika tiba di sebuah tempat, para anggota Babinsa langsung mengambil meja untuk menggelar buku yang di bawanya di kotak yang dipasang di sepeda motor. Terkadang, mereka langsung mendekati masyarakat agar mereka melihat buku yang ada di kotak di sepeda motornya.

Anak-anak pun diundang dan diberitahu kalau di perpustakaan kelilingnya ada buku bacaan menarik. Misalnya, buku cerita, dongeng, dan buku silat yang sekiraranya di baca anak-anak.

Dandim 0617 Majalengka, Letkol Arm Novi Herdian, mengungkapkan, perpustakaan keliling dengan sepeda motor yang dilakukan oleh Babinsa ini akan ada di semua kecamatan. Kegiatan itu untuk membantu masyarakat memperoleh bahan bacaan karena lokasi mereka tidak terjangkau oleh perpustakaan keliling kendaraan roda empat atau jauh ke lokasi perpustakaan daerah.

“Banyak masyarakat yang butuh bahan bacaan, di kampung agak sulit untuk mendatangi perpustakaan yang ada di kota. Padahal, mereka juga butuh membaca, butuh pengetahuan lain yang tidak dimilikinya,“ kata Novi, Selasa (16/7).

Menurutnya, meski saat ini sudah ada buku digital, tapi itu berbeda dengan membaca buku biasa. Anak-anak pun tidak semua bisa membaca buku digital dan lebih banyak yang menyenangi buku bacaan biasa karena mereka bisa melihat gambar yang tertera di buku. Selain itu, mereka bisa ramai-ramai memilih buku bacaanya masing-masing kemudian membacanya bersama-sama.

“Membaca buku akan membentuk imajinasi anak, kemudian mengembangkan cara berfikir. Kecerdasan akan tumbuh dari membaca. Makanya, Babinsa kami turunkan untuk menjadi pustakawan keliling ke desa-desa dan kampung-kampung,” ungkap Novi Herdian.

2. Satu Sepeda motor perpustakaan berisi ratusan buku

Melihat Keseruan Ketika Anggota TNI Menjadi Pustakawangoogle

Dikatakannya, satu sepeda motor perpustakaan bisa membawa puluhan buku dengan puluhan judul. Dengan membaca, masyarakat desa lebih tahu tentang teknologi pertanian dan kesehatan

Sementara itu, menurut Emon, warga Desa Argasari, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, merasa senang karena desanya dikunjungi. Ia mengaku gembira karena anak-anak di wilayahnya bisa berkumpul sambil membaca buku.

Ia pun merasa bisa menambah pengetahuan terutama teknologi terapan dan pertanian. Ada banyak buku keterampilan yang bisa diadopsi oleh warga, seperti mengolah kompos, yang berbeda dengan teknologi yang selama ini dilakukannya. Ada pula buku tentang bertani hidroponik.

Para ibu pun tak ketinggalan membaca, misalnya buku tentang kesehatan serta tumbuhan yang bisa menjadi obat dan cara mengolahnya. Mereka pun mendapatkan pengetahuan baru dari buku.

“Di kampung banyak yang mengalami sakit rematik, asam urat dan darah tinggi. Ternyata menurut buku bisa menggunakan kunyit, jahe, kayu manis. Hanya sulit untuk memperoleh minyak ikan sebagai campurannya,” ungkap Utin, seorang ibu rumah tangga.

Desa Argasari, Kecamatan Talaga menjadi fokus sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 yang digelar oleh Kodim 0617 Majalengka bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat desa setempat. Emon yang juga ketua kelompok tani di desanya mengaku bersyukur dengan adanya TMMD.

Dikatakannya, dengan TMMD, jalan desa bisa dibangun sehingga perjalanan bisa lancar dengan jalan yang mulus. Selain pembangunan fisik, ada pula hiburan serta sejumlah pelatihan untuk masyarakat dan perpustakaan keliling yang dilakukan setiap saat.

3. Sinergitas TNI dengan rakyat, dukung perekonomian

Melihat Keseruan Ketika Anggota TNI Menjadi PustakawanIDN Times/Andra Adyatama

Kegiatan perpustakaan kelililing tadi merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan TMMD. Dandim 0617 Majalengka Letkol Arm Novi Herdian mengatakan pihaknya mengapresiasi solidnya TNI dengan rakyat dalam pembangunan.

Selain perpustakaan keliling, sejumlah anggota Kodim 0617 Majalengka dan warga sekitar harus melakukan gotong royong untuk merampungkan pembangunan jalan baru yang menghubungkan antara Blok Cinenjo dan Blok Legasari, di Desa Argasari Kecamatan Talaga. Semula, jalan itu hanya jalan setapak atau hanya bisa dilalui pejalan kaki.

"Gotong royong membuat kita kuat, inilah sinergitas TNIb manunggal dengan rakyat," tegas Novi ketika memantau pelaksanaan program TMMD ke-105, yang dimulai sejak Rabu 9 juli lalu.

Menurutnya, kini, jalan tersebut akan bisa dilalui oleh kendaraan, baik kendaraan roda tiga maupun roda empat dengan panjang 625 X 3 meter. Disebutkannya, pembuatan jalan baru tersebut, merupakan dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 yang digelar selama sebulan, terhitung sejak tanggal 9 Juli hingga 8 Agustus 2019.

"Luar biasa kekompakkan TNI Rakyat yang bisa mendongkrak perekonomian rakyat," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya