Majalengka Masuk 4 Besar Nominasi Kabupaten Kreatif se-Indonesia

Bersaing dengan empat kabupaten dan kota

Majalengka, IDN Times - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menetapkan empat kabupaten dan kota sebagai wilayah dengan potensi ekonomi kreatif, salah satunya di Provinsi Jawa Barat hanya Kabupaten Majalengka.

Bekraf menilai, Kabupaten dan kota tersebut memiliki daya jual dalam hal produk kreatif melebihi daerah lain pada umumnya. Apa saja kelebihan Majalengka hingga masuk nominasi salah satu kabupaten kreatif di Indonesia? 

1. Satu-satunya perwakilan Jawa Barat

Majalengka Masuk 4 Besar Nominasi Kabupaten Kreatif se-IndonesiaAde Bastian

Empat wilayah tersebut yakni Kabupaten Kartanegara, Kabupaten Majalengka dengan potensi seni pertunjukan, Kota Malang dengan potensi aplikasi dan pengembang permainan, serta Kota Palembang dengan potensi kuliner.

Bupati Majalengka H Karna Sobahi mengaku sangat bersyukur jika Kabupaten Majalengka mewakili kabupaten se-Provinsi Jawa Barat yang terpilih oleh Bekraf.

"Betul empat kabupaten dan kota bersaing untuk menjadi yang terbaik sebagai Pemerintah Daerah (Pemda) kreatif. Saat ini keempat kepala daerah melakukan ekspose di hadapan para penilai Bekraf,” ujar dia.

Menurut Karna, Majalengka mencoba menampilkan branding marketing dari desa menuju dunia dengan spirit aya, usik, rosa yang berarti eksis, gerak dan kuat.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Ini Wajib Dikunjungi Saat Berada di Majalengka

2. Seni dan budaya menjadi andalan

Majalengka Masuk 4 Besar Nominasi Kabupaten Kreatif se-IndonesiaAde Bastian

Majalengka mempromosikan kompetisi dalam bidang seni dan budaya yaitu potensi kreatif komunitas di tiga wilayah utara dengan potensi seni pertunjukan konser kampung dan Jatiwangi Art Factory (JAF).

"Kalau wilayah tengah Majalengka dengan potensi pop culture , dan wilayah selatan dengan seni tradisi yang dipadu dengan potensi wisata," tukasnya.

Dengan tiga potensi wilayah kreatif komunitas Majalengka itu, lanjut dia, ternyata telah menjadi perhatian khusus pihak Bekraf. "Dua bupati dan dua wali kota se-Indonesia diminta ekspose tentang strategi dan road map inovasi pembinaan Bekraf dan kami sudah melakukannya," ungkapnya.

Karna berharap dengan kegiatan di Kabupaten Majalengka ini akan mendapat penghargaan dan bantuan program peningkatan ekonomi kreatif dari APBN, sekaligus menjadi motivasi bagi para komunitas pelaku ekonomi kreatif seni pertunjukkan di Majalengka agar lebih baik lagi.

"Alhamdulillah kita sudah berusaha maksimal,kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat Majalengka agar kita mampu menjadi juara dalam kompetesi yang digelar Bekrap ini," paparnya.

3. Lolos dengan menyisihkan ribuan kota lain

Majalengka Masuk 4 Besar Nominasi Kabupaten Kreatif se-IndonesiaAde Bastian

Kabupaten Majalengka masuk empat besar nominasi Kabupaten/Kota Kreatif di Indonesia. Dari 10 Kabupaten/Kota yang masuk nominasi, satu diantaranya adalah Majalengka yang lolos ke empat besar Setelah sebelumnya bersaing dengan ribuan kota lainnya.

Langkah strategis yang dilakukan Bupati, setidaknya ada lima, yakni aktivasi 330 bazar desa, mendorong menjadi stimulan utama pengembangan ekosistem ekraf, peningkatan kualitas dan karakter event yang sudah konsisten dilakukan didorong menjadi wonderful event, mendorong kerja sama regional, nasional, internasional dan peningkatan kualitas dan sertifikasi kompetensi pelaku ekraf.

Baca Juga: Liburan di Majalengka? Yuk, Kunjungi 9 Wisata Religi Unik Ini 

4. Peran komunitas, media, dan pemerintah sangat berpengaruh

Majalengka Masuk 4 Besar Nominasi Kabupaten Kreatif se-IndonesiaAde Bastian

Ginggi Syar Hasyim dari Jatiwangi Art Factory (JAF) mengatakan ditetapkannya sebagai kabupaten/kota ekosistem ekraf nasional, aktivitas kabupaten kreatif itu harus berlangsung sampai Desember.

Menurut Ginggi, meskipun sudah masuk dalam empat besar, namun bisa saja di kemudian hari dicabut jika tidak ada progres dari empat element yakni akademisi, bisnis, community, goverment dan media hingga akhir 2019 ini.

"Menurut penilaiannya community merupakan aktor utama disusul media kemudian akademisi lalu goverment. Dan langkah strategis pak bupati itu lah yang kemudian menjadi  penguat kolaborasinya," kata Ginggi.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Peninggalan Sejarah di Majalengka yang Instagramable

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya