Datang ke Majalengka, Sandi disambut Dengan Spanduk Dukungan Jokowi

Warga bentangkan spanduk di pintu tol Sumberjaya

Majalengka, IDN Times - Kedatangan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Solahudin Uno ke Kabupaten Majalengka disambut oleh bentangan spanduk dukungan terhadap Jokowi, Sabtu(2/3).

Spanduk sambutan warga yang berasal dari Kecamatan Kertajati dan sekitarnya tersebut terkesan ingin menolak kedatangan Sandi di Kabupaten Majalengka.

Mereka menolak cawapres nomor urut 02 tersebut ke Majalengka karena dianggap telah menyinggung masyarakat Majalengka yang pada debat capres dua pekan lalu mengutarakan bahwa bandara Kertajati hanyalah sebuah monumen. Sehingga, kekesalan itu diluapkan dalam bentuk unjuk rasa yang ingin disampaikan langsung kepada cawapres Sandiaga yang berkunjung ke Majalengka.

1. Tulisan spanduk, singgung BIJB Kertajati

Datang ke Majalengka, Sandi disambut Dengan Spanduk Dukungan JokowiIDN Times/Andra Adyatama

Para pengunjuk rasa ini membawa sejumlah spanduk yang bernada protes dan kekesalan terhadap capres/cawapres nomor urut 02, serta ucapan Terimakasih kepada Presiden Jokowi yang justru dianggap telah memajukan wilayah Majalengka, khususnya Kertajati dengan percepatan pembangunan bandara internasional, sehingga masyarakat sekitar merasa tersangka perekonomiannya.

Menurut Kordinator aksi Encon Sukarsa menjelaskan, aksi yang mereka lakukan ini didasari atas rasa ketersinggungan mereka terhadap Capres Prabowo yang pada saat debat capres mengucapkan ujaran yang meremehkan bandara Kertajati.

Padahal, Bandara Kertajati justru dianggap telah mengubah perekonomian warga sekitar. “Kami berterimakasih kepada pemerintah karena telah membangun bandara, yang mampu meningkatkan tensi perekonomian warga di sini,” ujarnya.

Menurut Enco, sebagai masyarakat sekitar, pihaknya merasa kecewa sehingga muncul rasa spontanitas untuk meluapkan kekecewaan ini kepada cawapres Sandiaga yang direncanakan berkunjung ke Majalengka.

“Kami menolak keras kehadiran Sandiaga di Majalengka, karena Prabowo menyinggung perasaan masyarakat Majalengka dengan mengatakan bahwa bandara Kertajati hanya monumen. Ini tidak benar, jangan asal ngomong saja, kami tidak terima,” ujarnya, Sabtu (2/3).

Sementara itu, kedatangan cawapres Sandiaga melalui pintu tol Sumberjaya, nampaknya tidak jadi dilakukan. Rombongan cawapres dikabarkan dari arah Cirebon menempuh rute melalui Kuningan untuk  menuju wilayah Cikijing.

2. Kunjungan dijaga ratusan personel polisi

Datang ke Majalengka, Sandi disambut Dengan Spanduk Dukungan JokowiIDN Times/Andra Adyatama

Sementara itu, Polres Majalengka menerjunkan sebanyak 195 personel yang disebar di berbagai titik. Personel tersebut sebagai pengamanan kunjungan Cawapres Nomor Urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno ke Kabupaten Majalengka.

Kapolres Majalengka AKBP Mariyono SIK MSi menjelaskan, dari 195 personel itu, dibagi menjadi enam kelompok yakni unsur pimpinan, Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar Lantas, Satgas Gakkum, dan Satgas Bantuan. Dari enam bagian itu, Satgas Preventif tercatat paling banyak jumlah personel, yakni 120 personel.

Dalam kegiatan pengamanan itu, pihaknya mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen dan kegiatan penegakan hukum.

"Sehingga terwujud kegiatan Kamtibmas yang kondusif di seluruh wilayah hukum Polres Majalengka," kata dia.

Cawapres Sandiaga Uno dijadwalkan akan menyapa warga di beberapa titik, yakni Kecamatan Cikijing, Kecamatan Jatiwangi, Kecamatan Kadipaten, dan Kecamatan Palasah. Sandi melakukan kegiatan pada pukul 08.30 WIB sampai 18.55 WIB.

3. Kunjungan di Majalengka, menemui beberapa pengusaha dan simpatisan

Datang ke Majalengka, Sandi disambut Dengan Spanduk Dukungan JokowiIDN Times/Andra Adyatama

Berdasar surat pemberitahuan yang diterima Bawaslu Majalengka, kegiatan Sandi di Majalengka dimulai pukul 08.30 WIB di Kecamatan Cikijing. Di sana, Sandi akan berkunjung ke konveksi, menyapa warga dan sarapan di Dusun Sukaraos, Desa Sukawarna, Kecamatan Cikijing.

Selepas dari Cikijing, perjalanan Sandi dilanjutkan ke Kecamatan Sindangwangi untuk menyapa para petani durian. Di sentra durian ini, pertemuan Sandi dengan masyarakat berlangsung dari pukul 11.25 sampai 12.25 WIB.

Aktivitas Sandi di Majalengka berlanjut di Kecamatan Jatiwangi, pada siang hari dari pukul 13.00 sampai 15.55. Di Kecamatan ini, dia akan berkunjung ke salah satu pabrik genting atau genteng.

Memasuki sore hari, kegiatan Sandi dilanjutkan di Desa Liangjulang untuk menyapa para relawan, dari pukul 16.25 sampai 17.25 WIB. Aktivitas Sandi di Majalengka ditutup dengan kunjungan ke Saung Balong, Desa Majasuka, Kecamatan Palasah. Di sana, agenda mantan Wagub DKI itu berlangsung hingga pukul 18.55 WIB, untuk kemudian kembali ke Jakarta lewat tol Cipali.

4. Sandi Janji taati aturan kampanye

Datang ke Majalengka, Sandi disambut Dengan Spanduk Dukungan JokowiIDN Times/Andra Adyatama

Ketika bertemu dengan Asosiasi Pengusaha Genteng Jatiwangi (Apegja) di Desa Burujul, Kecamatan Jatiwangi, Sandi meminta seluruh timses melakukan kampanye sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Parpol beserta tim sukses tidak menghina calon lainnya dan menggunakan isu SARA. 

Sandi mengatakan, KPU telah membuat aturan. Dalam aturan KPU itu ditegaskan larangan kampanye yang mempersoalkan dasar negara Pancasila dan pembukaan UUD 1945 serta menghina seseorang berdasarkan SARA.

Sandi juga meminta, masyarakat bersama-sama menjaga stabilitas selama Pilpres 2019. Untuk itu, dia mengimbau agar semua pihak dapat menahan diri dalam menjalani tahapan kontestasi Pilpres ini serta menghindari kampanye yang menggunakan isu SARA.

"Saya berjanji untuk mengikuti kampanye sesuai aturan, untuk itu, Saya juga mengajak kepada parpol pengusung timses dan simpatisan agar sama-sama menjaga dan mengikuti aturan sesuai perundang-undangan," tandasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya