TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPU Majalengka Pastikan Syarat Paslon Sudah Sempurna 

Penetapan calon dilaksanakan pada 22 September 2024

KPU Majalengka/ Dia paslon bupati wakil bupati Majalengka

Majalengka, IDN Times - KPU Kabupaten Majalengka memastikan syarat dua pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati dipastikan sudah lengkap dan sempurna. Kepastian itu setelah KPU memberi waktu perbaikan syarat pada 6-8 September 2024.

Koordinator Divisi Teknis KPU Kabupaten Majalengka Andi Inshan Shidik mengatakan, dari proses perbaikan itu, ia melakukan verifikasi hingga 13 September 2024. 

"Untuk vermin (verifikasi administrasi), perbaikan yang disampaikan calon itu semuanya alhamdulillah sudah lengkap dan memenuhi syarat," kata Andi, Sabtu (14/9/2024)

1. Hasil vermin disampaikan kepada paslon

Andi menjelaskan, hasil Vermin perbaikan itu nantinya akan disampaikan kepada tim masing-masing paslon. Rencananya, pemberitahuan akan dilakukan Sabtu sore ini. 

"Insya Allah nanti sore kami akan menyerahkan berita acara hasil vermin yang dilakukan kemarin," kata dia.

Andi menegaskan, berdasarkan Vermin, dua paslon bupati dan wakil bupati dipastikan sudah lengkap. Sebelumnya, KPU menilai syarat-syarat dua paslon masih perlu diperbaiki.

"Setelah memperbaiki administrasinya insya Allah sudah lengkap dan sudah sesuai dengan syarat yang ditentukan dalam PKPU Nomor 1229 Tahun 2024," ujarnya.

2. Penetapan calon dilakukan pada 22 September

Setelah dipastikan syarat kedua paslon lengkap dan sempurna, tahapan Pilkada selanjutnya adalah penetapan calon. Berdasarkan jadwal, penetapan calon akan dilakukan pada 22 September 2024.

"Penetapan calon tanggal 22 September, dan 23 September 2024 merupakan pengundian nomor urut. Sebelum penetapan calon, tanggal 19 September 2024 ada penetapan DPT," kata dia.

Untuk kampanye Pilkada sendiri rencananya akan dimulai pada 25 September- 23 November 2024. Andi menjelaskan, tahapan kampanye akan dimulai dengan deklarasi damai.

"Kami akan menggelar kampanye damai. Kampanye sendiri mulai 25 September 2024," tuturnya.

Berita Terkini Lainnya