TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

H-8 Mudik Lebaran, Pemberangkatan dari Terminal Cicaheum Masih Sepi

Belum ada kenaikan jumlah penumpang yang signifikan

IDN Times/Debbie Sutrisno

Bandung, IDN Times - Kondisi tempat pemberangkatan mudik Lebaran mulai alami lonjakan, tapi tidak dengan Terminal Cicaheum, Kota Bandung. Pada H-8 Lebaran terminal ini masih sepi dari penumpang yang hendak pulang kampung.

Komandan Regu Terminal Cicaheum, Erwin Herliana mengatakan, per hari ini perjalanan bus baik di dalam provinsi maupun lintas provinsi masih landai. Belum ada lonjakan penumpang yang siginifikan.

"Kalau dari pantauan ini memang belum ada trafik yang terlihat naik. Jadi masih normal saja seperti hari-hari biasanya," kata dia saat dihubungi, Selasa (2/4/2024).

1. Mayoritas pemudik di Terminal Cicaheum berangkat pada 6 April

IDN Times/Debbie Sutrisno

Dari tiket yang sudah terjual baik secara daring maupun luring di tempat penjualan yang ada di terminal, mayoritas penumpang yang hendak pulang ke kampung halaman baru berangkat pada tanggal 6 Aparil.

Mereka sudah membeli tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Lonjakan penumpang para tanggal tersebut sesuai dengan prediksi pemerintah di mana puncak arus mudik akan dimulai pada hari Sabtu.

"Mungkin ada yang tanggal 5 malam sudah berangkat karena kerja setengah hari. Tapi banyaknya tetap di tanggal 6 pagi mulai ramai pemberangkatan," papar Erwin.

2. Siapkan 165 bus setiap harinya

IDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk ketersediaan bus, lanjutya, ada sekitar 165 yang siap mengangkut penumpang, d mana 106 untuk bis antarkota antarprovinsi (AKAP) maupun 59 bus antarkota dalam provinsi (AKDP).

Dari total tersebut jumlah kursi yang bisa digunakan mencapai 6.600 tempat duduk. Erwin memastikan berbagai fasilitas penunjang pun sudah disiapkan agar penumpang yang hendak mudik tetap aman dan nyaman menggunakan transportasi umum dari Cicaheum.

Berita Terkini Lainnya