TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Presiden Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu, Termegah di Indonesia

Tol Cisumdawu mulai beroperasi dan bisa digunakan masyarakat

Tol Cisumdawu dalam proses pembangunan. (Dok/Kemenhub)

Bandung, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah meresmikan Tok Cisumdawu, Sumedang, Selasa (11/7/2023). Tol yang memiliki Twin Tunnel ini kini sudah bisa digunakan oleh masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya. 

Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan Tol Cisumdawu telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Saat ini, dirinya memastikan jalan tol telah resmi dibuka dan bisa dimanfaatkan masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat. 

"Alhamdulillah pada hari ini jalan Tol Cisumdawu Jalan Tol Cileunyi, Sumedang dan Dawuan, sudah selesai, dan segera siap untuk dioperasikan," ujar Jokowi. 

1. Proses pembangunan Tol Cisumdawu memakan waktu 12 tahun

jalan tol Cisumdawu (pu.go.id)

Jokowi menjelaskan, jalan Tol Cisumdawu ini menghubungkan Kota Bandung melalui tol Cipularang ke Tol Cipali. Proses pembangunan jalan Tol Cisumdawu sendiri tergolong panjang. Beberapa tantangan dan hambatan juga telah dilalaui.

"Dan supaya kita semuanya tahu jalan Tol Cisumdawu ini sudah dimulai dibangun itu tahun 2011. Artinya sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan, utamanya proses pembebasan lahan, pembebasan tanah," ungkapnya.

2. Hanya Cisumdawu yang punya Twin Tunnel

IDN Times / Istimewa

Selain itu, Jokowi memastikan, Tol Cisumdawu memiliki perbedaan dibandingkan Tol lain di pulau Jawa. Bahkan, dia memastikan, keberadaan Twin Tunnel tidak ada di jalan tol lainnya yang ada di Indonesia. Sehingga, Tol Cisumdawu sangat spesial.

"Kita berada di terwongan kembar, twin tunnel, yang panjangnya 472 meter ini di seluruh indonesia tidak ada, jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pagi ini," katanya.

Baca Juga: 5 Fakta Jalan Tol Cisumdawu yang Indah dan Permudah Pemudik

Baca Juga: Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Mulai Juni 2023

Berita Terkini Lainnya