TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pilwakot Bandung: Elektabilitas Arfi-Yena dan Dadan-Arif Masih Kecil

Keduanya masih kalah dari dua pasangan calon lainnya

IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, nomor urut 04, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma'soem memiliki elektabilitas yang masih kecil dalam survei Charta Politika Indonesia, periode 10-17 September 2024.

Pasangan yang didukung oleh Atalia Praratya, Istri dari mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil itu masih kalah dari dua paslon lainnya. Bahkan, pasangan Yena-Arfi disebut seimbang dengan paslon nomor urut 01, Dandan Riza Wardana-Arif Wijaya.

Salah satu peneliti Charta Politika Indonesia, Ardha Ranadireksa mengatakan, pasangan Muhammad Farhan-Erwin mendapatkan elektabilitas tertinggi, diikuti oleh Haru Suandharu-Ridwan Dhani Wirianata.

"Berikutnya ditempati pasangan Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma’soem dengan elektabilitas berimbang dengan Dandan Riza Wardana-Arif Wijaya," ujar Ardha, Kamis (26/9/2024).

1. Dua pasangan ini jadi paling buncit

Survei yang dilakukan melalui wawancara tatap muka, dengan jumlah sampel 600 responden dan margin of eror (MoE) 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 itu menyatakan pasangan Arfi-Yena dan Dadan-Arif paling buncit.

"Sampai dengan saat ini, Muhammad dan Farhan-Erwin unggul di segmen pemilih usia 17 sampai 45 tahun. Sementara Haru Suandharu-Ridwan Dhani Wirianata relatif unggul pada pemilih di atas usia 50 tahun," katanya.

"Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma’soem dan Dandan Riza Wardana-Arif Wijaya cukup berimbang dalam beberapa segmen usia yang ada," ujarnya.

2. Beberapa permasalahan harus jadi fokus para Paslon Pilwakot Bandung

IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Ardha menambahkan, Charta Politika Indonesia juga turut memotret sejumlah permasalahan di Kota Bandung yang dinilai menjadi prioritas untuk diselesaikan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung mendatang.

Seperti halnya beberapa permasalahan yang ada di kota lain, kemacetan, kebersihan, banjir ataupun kepadatan penduduk, juga dinilai sebagai permasalahan prioritas di Kota Bandung.

"Selain itu, responden juga menilai keberadaan geng motor/ormas yang meresahkan juga menjadi persoalan yang harus diselesaikan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung mendatang," kata dia.

3. Pasangan paling tinggi ada Farhan-Erwin

IDN Times/Istimewa

Adapun persentase elektabilitas pasangan Pilwakot Bandung berdasarkan survei Charta Politika Indonesia, periode 10-17 September 2024 ini sebagai berikut; Paslon Satu Dandan-Arif memperoleh 14.5 persen; pasangan dua Haru-Dhani sebanyak 26.8 persen; pasangan tiga Farhan-Erwin memperoleh 34.5 persen; dan pasangan Arif-Yena di nomor urut 04 memperoleh 15.2 persen.

Baca Juga: Daftar Delapan Anggota DPRD Jabar Diganti karena Ikut Pilkada 2024

Baca Juga: Pesan Bey di Masa Kampanye Pilgub Jabar: Jangan Ada Intimidasi

Berita Terkini Lainnya