TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPU Jabar: Waktu Pendaftaran Pilgub Tidak Diperpanjang! 

Besok hari terakhir ditutup pukul 23:59 WIB

Ketua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat memastikan tidak ada perpanjangan masa pendaftaran paslon gubernur dan wakil gubernur. Besok dipastikan hari terakhir untuk pendaftaran paslon dan akan ditutup pukul 23:59 WIB.

Ketua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni mengatakan, jika mengacu pada aturan berlaku, perpanjangan waktu pendaftaran bisa dilakukan. Hanya saja, harus ada beberapa alasan atau dalam kondisi khusus.

"Iya itu secara aturan diperbolehkan. Ada aturan memang PKPU pencalonan kalau ada perpanjangan jika tidak ada yang mendaftar. Bukan perpanjangan (tanpa alasan)," ujar Ummi, Rabu (28/8/2024).

1. Pendaftaran Pilgub Jabar sesuai tiga hari

Dengan demikian, Ummi menegaskan, untuk pendaftaran Pilgub Jabar akan tetap dibuka dan ditutup sesuai jadwal, 27-29 Agustus 2024. Mengingat sampai saat ini sudah ada beberapa partai politik yang mengonfirmasi pendaftaran paslon yang akan diusung di hari terakhir.

"Insya Allah, seusai dengan tiga hari. Waktunya masih ada hari esok di 29 Agustus 2024 sampai pukul 23.59 WIB," katanya.

2. Hari terakhir kemungkinan ada dua paslon yang mendaftar

Sebelumnya, Ummi mengatakan, saat ini sudah ada informasi pendaftaran dua paslon Pilgub yang akan mendapatkan di hari terakhir. Hanya saja, hal itu masih bersifat lisan, belum secara resmi menggunakan surat.

"Tapi baru secara lisan ada dua partai yang mengatasnamakan dua paslon akan datang di hari ketiga, makanya kami pastikan," ujar Ummi, Rabu (28/8/2024).

Lebih lanjut, Ummi menegaskan, KPU Jawa Barat masih menunggu para pasangan calon gubernur yang akan mendaftarkan diri untuk Pilgub Jawa Barat. Adapun dua pasangan yang akan mendaftarkan diri ini ada dari dua partai politik.

"Hari ketiga dari PKS dan PKB, tapi lewat kesekretariatan secara lisan belum resmi, dan dia belum mengambil akun silon juga," ujarnya.

Berita Terkini Lainnya