TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diskominfo Jabar Temukan Ancaman Serangan Siber dari Berbagai Negara

Ancaman terjadi setiap detik

ilustrasi hacker (IDN Times/Aditya Pratama)

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menemukan banyak ancaman serangan siber dari berbagai negara terhadap pusat data. Kepala Diskominfo Jawa Barat, Ika Mardiah mengatakan, waktu ancaman serangan ini terjadi hampir setiap detik.

"Setiap detik selalu ada (ancaman serangan siber), dari berbagai negara. Itu diidentifikasi IP-nya serangan terus menerus ke pusat data Jabar dan tentunya teman-teman memberikan analisis dan laporan tiap pekan," ujar Ika di Bandung, Selasa (2/7/2024).

1. Banyak pengunjung mencurigakan di beberapa situs milik Pemprov Jabar

Salah satu yang sering menjadi incaran para hacker yaitu situs resmi Pemprov Jabar. Menurutnya, banyak oknum mencurigakan yang mencoba membobol dan melakukan pencurian data setia detiknya. Dia menyatakan kondisi ini sudah tidak normal.

"Contoh ke web Portal Jabar Prov Jabar itu dalam hitungan detik sekian ribu pengunjung mencurigakan yang coba akses, itu udah gak normal," ujarnya.

2. Ancaman dari berbagai negara

Oknum yang mencoba membobol pusat data Jabar sendiri tidak hanya berasal dari dalam negeri saja. Ada beberapa alat IP ditemukan dari negara-negara di Eropa dan di Asia, sehingga dia memastikan akan memperketat keamanan pusat data.

"Berbagai negara, Rusia, Jepang Amerika China, Vietnam, Kamboja, Singapura ada (mencoba melakukan serangan siber pusat data Jabar)," katanya.

Berita Terkini Lainnya