TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Debat Cagub-Cawagub Digelar Tiga Kali di Tempat Berbeda 

Ini berlaku untuk Cagub dan Cawagub

(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat tengah mempersiapkan gelaran debat calon gubernur dan wakil gubernur sebanyak tiga kali dengan tempat yang berbeda-beda. Hal itu dilakukan guna menjangkau masyarakat luas termasuk pemilih baru.

"Kami persiapkan debat juga ada tiga kali, dengan waktu 60 hari, kami persiapkan supaya ketiganya bisa mencakup semua masyarakat Jabar," ujar Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (26/9/2024).

1. Salah satunya nanti area pendidikan

Meski begitu, Ummi belum bisa memastikan mana saja lokasinya yang akan dipilih nantinya. Hanya saja, salah satu tempat yang akan digunakan untuk debat para Paslon Cagub dan Cawagub Jabar yaitu area pendidikan.

"Beda-beda tempatnya, jadi kami rumuskan tempatnya misal di penjuru Jabar atau di mana. Salah satunya kami ada terpikir menempatkan di tempat pendidikan, karena pemilih pemula kita kan banyak," ujarnya.

2. Jadwal pemasangan APK masih menunggu keputusan resmi

Sementara mengenai aturan titik lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK), KPU Jabar masih menunggu dari 27 kabupaten/kota di Jabar.

Hal itu juga sama dengan teknis jadwal kampanye masing-masing pasangan calon.

"Jadwal masih konsultasikan, karena sampai hari ini belum ada juknisnya (petunjuk teknis). Insyaallah hari ini titik penentuan APK untuk 27 kota/kabupaten, kami keluarkan dalam bentuk SK," katanya.

3. Di tempat pendidikan boleh selama memiliki izin

Meski begitu, Ummi menyatakan, titik kampanye akan sama persis dengan Pemilu kemarin, yakni tidak mengganggu keramaian, jalan protokoler, dan gedung pemerintahan.

"Boleh kita ke (tempat) pendidikan, tapi ada syaratnya harus mendapat izin dan tidak membawa atribut," katanya.

Ummi juga mengimbau 84 pasangan calon kepala daerah di 27 kabupaten/kota dan empat pasangan cagub-cawagub Jabar bersama-sama menjaga masa kampanye dengan baik, aman dan lancar.

"Sesuai tema Pilgub Jabar, sebagai inisiasi budaya demokrasi di Jabar, dengan tagline gemilang: gembira memilih langsung. Mari jadikan pesta demokrasi menggembirakan untuk Jabar," kata dia.

Baca Juga: Daftar Delapan Anggota DPRD Jabar Diganti karena Ikut Pilkada 2024

Baca Juga: Pesan Bey di Masa Kampanye Pilgub Jabar: Jangan Ada Intimidasi

Berita Terkini Lainnya