TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bey Mahmudin Pastikan Akan Audit Hasil PPDB Tahap I Jabar 

Audit akan dilakukan jika benar ada kecurangan 

(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bandung, IDN Times - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin siap mengaudit hasil PPDB tahap I untuk SMA/SMK dan SLB. Namun, audit internal ini nantinya akan dilakukan jika ada alat bukti kecurangam berdasarkan laporan orangtua siswa.

"Selama ini kalau ada bukti dulu, kenapa enggak? Ombudsman juga ikut mengawasi. Karena kalau kami mau diaudit, audit seperti apa? Kan kami sudah sesuai aturan, ada inspektorat BPK," ujar Bey, dikutip Sabtu (22/6/2024).

1. Pemprov Jabar akan berikan transparansi

Bey menuturkan, orangtua peserta PPDB harus mempercayai kinerja satuan pendidikan dalam seleksi tahap I ini. Mengingat semua instansi kini turut mengawasi jalannya seleksi sejak hari pertama hingga pengumuman hasil pada Rabu kemarin.

"Jadi percaya lah kami akan memberikan yang terbaik karena itu semua dicek semua," katanya.

2. Satuan pendidikan melakukan double check jelang pengumuman

Bahkan, satuan pendidikan melakukan sidang pleno kembali jelang pengumuman untuk melakukan pengecekan ulang agar meminimalisir terjadinya kecurangan hingga berakhir pada telatnya waktu pengumuman hasil di laman resmi dan aplikasi Sapawarga.

"Kenapa pengumuman sampai malam karena masih terus verifikasi dilakukan. Sebetulnya di pengumuman awal tidak ada jam berapa hanya tanggal saja. Tapi dinamika di lapangan daripada kami umumkan cepat-cepat ternyata masih ada proses verifikasi, kan seperti apa," katanya.

Berita Terkini Lainnya