Tinggalkan Motor, Seorang Warga Diduga Tenggelam di Bendung Walahar

Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian di sekitar lokasi

Karawang, IDN Times -Seorang laki-laki menghilang di sekitar Bendung Walahar Desa Gintungkerta Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Tim Search And Rescue (SAR) masih mencari korban di perairan tersebut hingga saat ini.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril dalam keterangan persnya menyampaikan laporan kehilangan korban pada Kamis (11/8/2022) malam. Pihak keluarga korban sebelumnya juga telah melaporkan kejadian itu ke Kepolisian Sektor Klari.

“Ditemukan motor korban, sendal milik korban dan kartu tanda pengenal korban berada di pinggir pintu air Bendung Walahar,” kata Jumaril melalui bagian hubungan masyarakat Kantor SAR Bandung, Jumat (12/8/2022).

1. Korban yang hilang diduga tenggelam di Sungai Citarum

Tinggalkan Motor, Seorang Warga Diduga Tenggelam di Bendung WalaharIlustrasi korban tenggelam. (Shutterstock)

Korban diketahui bernama Giri Sugianto (31) warga Dusun Krajan Rt 05/01 Kecamatan Klari  Kabupaten Karawang. Pihak keluarga menduga korban tenggelam di sekitar Bendung Walahar yang dilalui Sungai Citarum. Namun, belum diketahui kronologinya.

“Pihak Kepolisian meminta bantuan Basarnas untuk melakukan pencarian korban di sekitar LKP (Last Known Position),” kata Jumaril. Namun, pencarian pada hari pertama itu tidak membuahkan hasil sehingga dilanjutkan hari ini.

2. Pencarian dimulai pagi hari di sekitar Bendung Walahar

Tinggalkan Motor, Seorang Warga Diduga Tenggelam di Bendung WalaharJembatan Bendungan Walahar Karawang (wikipedia.com)

Jumaril menyebut pencarian korban pada hari kedua dilakukan sejak pagi. “Tim telah melakukan pencarian sejak pukul 08.00 WIB dengan radius pencarian kurang lebih 2,5 kilometer menyusuri aliran sungai,” ujarnya menjelaskan.

Pencarian kali ini masih difokuskan di sekitar Bendung Walahar. Namun, hingga pukul 10.15 WIB tim SAR belum menemukan korban. Pencarian pun dilanjutkan setelah jeda shalat Jumat hingga waktu yang belum ditentukan.

3. Pencarian kali ini melibatkan berbagai unsur SAR

Tinggalkan Motor, Seorang Warga Diduga Tenggelam di Bendung WalaharIlustrasi Tim SAR (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dalam pencarian kali ini, personel yang terlibat dalam tim SAR terdiri dari Unit siaga SAR Karawang, Polsek Klari, BPBD Karawang, PMI Karawang, MTA Karawang dan Pemerintah Kecamaran Klari. Mereka pun membagi tugas untuk mempercepat pencarian.

Menurut pantauan di lokasi, proses pencarian masih melakukan pencarian menggunakan perahu karet yang diisi beberapa orang. Mereka menelusuri pinggiran sungai dan permukaan sungai menggunakan peralatan sederhana.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya