Stres Jadi Wakil Rakyat, Dedi Mulyadi Sukses Sebagai YouTuber

Jadi penghilang stres, pendapatan dari YouTube disumbangkan

Purwakarta, IDN Times,-

Media sosial bukan hanya menjadi sarana hiburan bagi warganet. Belakangan, sudah banyak content creator yang menjadikannya sarana untuk menyampaikan aspirasi, inspirasi dan edukasi melalui media sosial seperti YouTube.

Banyak di antara politisi dan pejabat pemerintahan yang memanfaatkan YouTube untuk menyampaikan pesan dalam konten. Namun, tak banyak di antara mereka yang mengelola kontennya secara khusus seperti yang dilakukan Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Dedi Mulyadi.

1. Pengikut Akun YouTube Dedi Mulyadi Tembus Sejuta

Stres Jadi Wakil Rakyat, Dedi Mulyadi Sukses Sebagai YouTubertechweez.com

Akun YouTube Kang Dedi Mulyadi Channel tercatat memiliki sejuta pengikut pada Rabu (31/3/2021) lalu. Dedi mengklaim diri sebagai legislator nasional pertama yang memiliki video terbanyak di akun YouTube dan berpeluang mendapatkan Gold Play Button.

Dalam keterangan persnya, Dedi Mulyadi mengaku, pertama kali membuat YouTube pada 17 November 2017 silam. "Namun, akun tersebut baru benar-benar aktif mengunggah video sekitar 10 bulan ke belakang," katanya, Kamis (1/4/2021).

Pencapaian itu diakui membuat Dedi Mulyadi bahagia. Bukan karena mendapatkan uang dari YouTube tapi juga menjadi media berkarya secara nyata yang ia persembahkan kepada masyarakat.

2. Berisi kegiatan temu warga

Stres Jadi Wakil Rakyat, Dedi Mulyadi Sukses Sebagai YouTuberIDN Times/Istimewa

Umumnya, video yang diunggah mantan Bupati Purwakarta itu seputar kegiatannya sebagai Anggota DPR RI. Mulai dari bertemu dan membantu masyarakat, hingga kehidupan sehari-harinya bersama keluarga.

Dedi menyebut ada sedikitnya 1-2 video yang diunggah ke YouTube dalam sehari. “Dulu modal awal hanya sekitar Rp15 ribu untuk YouTube ini,” ujar Dedi mengenang pengalamannya.

3. Ditonton ratusan ribu kali dalam sehari

Stres Jadi Wakil Rakyat, Dedi Mulyadi Sukses Sebagai YouTubertechweez.com

Menurutnya, video yang diunggah ke YouTube sering kali mendapatkan reaksi yang antusias dari warganet. Bahkan, dalam sehari Dedi mengklaim videonya selalu ditonton ratusan ribu kali dalam sehari.

Bahkan, beberapa videonya pernah ditonton hingga jutaan kali. Menurut data statistik di akun Kang Dedi Mulyadi Channel, jumlah video yang telah ditonton disebut sebanyak 148.273.533 kali per Kamis pagi.

4. Pendapatan dari YouTube Dedi Mulyadi disumbangkan

Stres Jadi Wakil Rakyat, Dedi Mulyadi Sukses Sebagai YouTuberpixabay.com

Jumlah penonton yang banyak secara otomatis memberikan pendapatan yang cukup banyak bagi Dedi. Namun, uang dari YouTube itu diakui pergunakan untuk membiayai operasional tim dokumentasi dan diberikan pada masyarakat yang ditemuinya.

Dedi memperkirakan jumlah pendapatannya itu cukup untuk membangun rumah untuk janda miskin. “Sebagian lagi kan diputar ke sana lagi (untuk warga). Kalau saya gaji dari DPR juga sudah cukup,” katanya.

Baca Juga: Dedi Mulyadi: Sawah Sudah Habis oleh Perumahan dan Pabrik

5. Penghilang stres sebagai wakil rakyat

Stres Jadi Wakil Rakyat, Dedi Mulyadi Sukses Sebagai YouTubermedvisit

Saat menjadi Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi terbiasa turun langsung ke lapangan menemui masyarakat. Ia memang kerap dan berkeliling untuk mengeksekusi kebijakan atau program pemerintah.

“Awal jadi anggota DPR bisa dibilang stres karena rutinitasnya rapat, kemudian di ruang AC seharian. Semenjak ada YouTube ini merasa hidup dan ada aktivitas lagi,” kata politikus yang menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu. 

Baca Juga: Referensi Wisata Sepeda di Purwakarta, Olah Raga Sambil Kulineran

Baca Juga: Realisasi Vaksinasi Tinggi, Purwakarta Butuh Tambahan Dosis

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya