Stasiun Purwakarta Layani Ribuan Pemudik Jelang Lebaran 2023

Penumpang diminta datang lebih awal agar tidak tertinggal KA

Purwakarta, IDN Times - Jumlah pemudik yang menggunakan kereta api jarak jauh dari Stasiun Purwakarta terus meningkat mendekati Lebaran Idulfitri 1444/2023.  PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 2 Bandung mengingatkan para penumpang untuk tiba lebih awal di stasiun.

“Mendekati hari H (lebaran), kepadatan jalan raya yang meningkat tentunya harus diantisipasi pelanggan KA dengan mengalokasikan waktu yang cukup ketika akan datang ke stasiun," kata Manajer Hubungan Masyarakat Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono dalam keterangan persnya, Jumat (21/4/2023).

Menurutnya, kondisi lalu lintas yang padat di jalan raya berisiko membuat penumpang terlambat naik kereta api. Sedangkan, keberangkatan kereta api dipastikan akan berjalan tepat waktu sesuai jadwalnya.

1. Stasiun Purwakarta melayani ribuan penumpang KA

Stasiun Purwakarta Layani Ribuan Pemudik Jelang Lebaran 2023Dok Daop 2 Bandung

Menurut data terakhir, jumlah penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Purwakarta hingga kemarin mencapai 1.889 orang. Angka tersebut merupakan jumlah penumpang yang tercatat sejak awal Masa Angkutan Lebaran 2023, 14 April 2023 lalu.

Mahendro menyebutkan angka tersebut terdiri dari 1.442 orang yang naik atau berangkat dari Stasiun Purwakarta, ditambah 447 orang yang turun dari kereta api. “Jumlah tersebut belum termasuk penumpang kereta api lokal,” ujarnya.

2. Penumpang KA Lokal terbanyak terjadi pada Minggu

Stasiun Purwakarta Layani Ribuan Pemudik Jelang Lebaran 2023Ilustrasi seorang calon penumpang mencetak tiket kereta api. (ANTARA FOTO/Prabanndaru Wahyuaji)

Selama periode pelaksanaan Angkutan Lebaran 2023 yang berlangsung hingga 2 Mei 2023 nanti, Stasiun Purwakarta akan melayani 2.438 pelanggan KA Jarak Jauh. Terdiri dari 1.122 pelanggan yang berangkat (naik) serta 1.316 pelanggan yang datang (turun).

Sedangkan untuk pelanggan KA Lokal, jumlahnya mencapai 10.351 pelanggan. Adapun, Jumlah pelanggan KA Lokal terbanyak disebut terjadi pada hari Minggu (16/4/2023) lalu dengan total 2.419 pelanggan.

3. Pengendara diminta hati-hati di perlintasan sebidang

Stasiun Purwakarta Layani Ribuan Pemudik Jelang Lebaran 2023Ilustrasi palang kereta (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Daop 2 Bandung juga meminta pengendara jalan raya waspada saat melintasi perlintasan sebidang pada saat musim mudik Lebaran. Mahendro mengakui frekuensi perjalanan KA bertambah pada masa Angkutan Lebaran tahun 2023 sehingga perlu diperhatikan pemudik ketika melintasi perlintasan sebidang.

"Kami imbau pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor untuk selalu berhat-hati ketika melewati perlintasan sebidang. Pastikan untuk berhenti sejenak ketika akan melewati perlintasan, serta pastikan tidak ada kereta yang akan melintas," tutur Mahendro.

4. Daop 2 Bandung tempatkan dua penjaga tambahan

Stasiun Purwakarta Layani Ribuan Pemudik Jelang Lebaran 2023IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Berdasarkan data, ada 40 perlintasan di wilayah Kabupaten Purwakarta. Mahendro merinci sebanyak 31 perlintasan atau sekitar 70 persen di antaranya merupakan perlintasan yang tidak dijaga secara khusus.

Karena itu, Mahendro mengakui pihaknya melakukan upaya pencegahan. “Pada masa Angkutan Lebaran ini, Daop 2 Bandung menempatkan dua penjaga perlintasan sebidang ekstra di titik yang dianggap rawan kecelakaan pada wilayah Purwakarta,” katanya mengklaim.

Baca Juga: Kecelakaan Tunggal di Tol Cipali Tewaskan 2 Pemudik dan 6 Luka

Baca Juga: Arus Mudik Lebaran 2023 di Tol Japek Cetak Rekor Tertinggi

Baca Juga: Buka Puasa dengan Es Kelapa, 23 Warga Purwakarta Malah Keracunan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya