Santri Purwakarta Jadi Wakil Menteri Agama pada HSN 2021

Ghufron dipilih dari seleksi video santri se-Indonesia

Purwakarta, IDN Times - Seorang santri Pondok Pesantren Al Muhajirin Kabupaten Purwakarta terpilih menjadi Wakil Menteri Agama. Remaja laki-laki bernama Ghufron Ihsan (18 tahun) itu mengaku bangga meskipun hanya berkesempatan menjabat selama sehari.

Ia menjadi satu-satunya santri asal Jawa Barat yang dipilih oleh Kementerian Agama. "Ini menjadi pembelajaran untuk memotivasi diri saya pribadi dan lainnya untuk belajar, belajar dan belajar," kata Ghufron saat dihubungi, Jumat (22/10/2021).

Selain Ghufron dari Al Muhajirin Purwakarta, ada dua santri lainnya yang terpilih pada ajang Santri Sehari Menjadi Menteri. Yakni, Afi Ahmad Ridlo dari Pesantren Nurul Jadid Probolinggo dan Nur Winda dari DDI As Salman Allakuang Sidrap.

1. Ghufron terkesan memimpin rapat yang diikuti para Dirjen

Santri Purwakarta Jadi Wakil Menteri Agama pada HSN 2021Istimewa

Sepanjang Kamis (21/10/2021), Ghufron dan dua santri terpilih lainnya mengisi serangkaian kegiatan resmi. Mereka ditantang untuk memimpin rapat pimpinan, menerima tamu hingga inspeksi mendadak dan diakhiri dengan kunjung ke rumah dinas Menag.

"Hal yang paling berkesan yaitu bisa memimpin Rapim bersama para Dirjen dan jajaran yang lainnya. Kami juga bisa mendapatkan arahan langsung dari bapak Mentri Agama RI, Gus Yaqut," tutur Ghufron, sumringah.

2. Penyeleksian santri melalui video singkat

Santri Purwakarta Jadi Wakil Menteri Agama pada HSN 2021Istimewa

Ketiga pemenang itu diseleksi dari sekian banyak santri dan pesantren di seluruh Indonesia. Penyeleksian dilakukan melalui video singkat berisi konsep atau gagasan peserta apabila menjadi Menteri Agama.

Penyeleksian dilakukan secara bertahap dari 40 besar menjadi 10 besar hingga akhirnya terpilih tiga terbaik. Mereka pun diberi kesempatan menjabat menteri, wakil menteri, dan ketua staf khusus Kemenag selama sehari penuh.

Ghufron mengakui prestasinya itu adalah buah pembelajaran di pesantrennya selama ini. "Saya mengucapkan terima kasih kepada guru-guru dan orang tua yang telah membimbing, mendukung, dan tentunya mendoakan. Khususnya, bapak KH Abun Bunyamin dan ketua yayasan," ujarnya.

3. Puncak peringatan Hari Santri Nasional 2021

Santri Purwakarta Jadi Wakil Menteri Agama pada HSN 2021Istimewa

Kegiatan itu dilakukan sekaligus menyambut Hari Santri Nasional 2021. "(Prestasi) ini sebagai kado HSN 2021 untuk Al Muhajirin mengharumkan pesantren, Purwakarta, bahkan Jawa Barat di level nasional," kata Sekretaris Al Muhajirin Amit Saepul Malik.

Setelah para santri menjalankan aktivitas layaknya seorang menteri, mereka pun mengikuti puncak peringatan Hari Santri Nasional 2021. Kegiatan itu antara lain upacara bendera pada Jumat siang dan acara Santriversary, malam harinya.

4. Ghufron pernah juara ceramah tingkat Provinsi Jawa Barat

Santri Purwakarta Jadi Wakil Menteri Agama pada HSN 2021Istimewa

Menurut ustaz pendampingnya, Ghufron memang dikenal sebagai sosok santri yang baik, pintar dan berprestasi. "Sebelumnya juga pernah menjadi juara ceramah tingkat Provinsi Jawa Barat saat SMP," kata Amit.

Dalam pembuatan video untuk lomba kali ini, Ghufron dibimbing oleh salah seorang ustaz Al Muhajirin, Latifudin. Dalam videonya, siswa kelas XII Madrasah Aliyah Kejuruan di Al Muhajirin itu bertekad mewujudkan program nyantri gratis dan perpustakaan kitab digital apabila menjadi Menteri Agama.

Baca Juga: Ulama dan Santri Berperan Penting dalam Perjuangan Melawan Pandemi

Baca Juga: Ridwan Kamil Ajak Santri Lawan Ideologi yang Mengancam Pancasila

Baca Juga: Yaqut 'Serahkan' Jabatan Menag Sehari ke Santri Pemenang Sayembara

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya