Rumahnya Digeledah Densus 88, Pemilik Ditangkap di Pasar Johar

Pindah dari Ciamis, sempat tinggal bersama istri asal Aceh

Karawang, IDN Times - Sebelum menggeledah rumah di Kecamatan Klari Kabupaten Purwakarta, Tim Detasemen Khusus 88 Anti-teror Polisi Republik Indonesia ternyata telah menangkap penghuninya, LN (35 tahun). Lelaki tersebut diduga terlibat kasus terorisme.

Informasi tersebut disampaikan seorang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Klari, Tamrin Felani. "Informasinya ada penangkapan dari Densus," katanya saat dihubungi wartawan, Senin (5/4/2021).

1. Ditangkap di dekat Pasar Johar

Rumahnya Digeledah Densus 88, Pemilik Ditangkap di Pasar JoharIlustrasi pasar tradisional. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Menurut informasi yang ia terima, penangkapan LN dilakukan di dekat Pasar Johar, Kabupaten Karawang. Densus 88 menangkap yang bersangkutan sebelum menggeledah rumahnya pada hari tersebut.

"LN bekerja di depot air minum katanya. Dia pulang ke Perumahan Klari Regency hanya di waktu malam untuk tidur. Pagi, siang, dan sore di tempat galon di Pasar Johar itu," kata Tamrin, mengutip keterangan dari seorang anggota penegak hukum.

2. LN merupakan warga pindahan dari Ciamis

Rumahnya Digeledah Densus 88, Pemilik Ditangkap di Pasar JoharIDN Times/Candra Irawan

Setelah diselidiki lebih lanjut, Thamrin baru mengetahui lelaki yang diduga terlibat jaringan teroris itu ternyata belum lama tinggal di rumah tersebut. Kepada warga, LN mengaku pindahan dari Ciamis, Jawa Barat.

"Dia baru beberapa bulan tinggal di perumahan tersebut. Katanya berasal dari Ciamis," ujarnya.

3. LN kurang berbaur, hingga tak begitu dikenal warga

Rumahnya Digeledah Densus 88, Pemilik Ditangkap di Pasar JoharIlustrasi teroris. IDN Times/Mardya Shakti

Meskipun rumahnya berada di dekat mesjid perumahan, warga sekitar sebenarnya kurang mengenal LN. Salah seorang tetangganya, Edi (47 tahun) menilai yang bersangkutan memang kurang bergaul dengan warga.

"Dia kurang bergaul padahal sudah hampir tiga bulan tinggal di sini," kata Edi. Namun, ia dan para tetangga lainnya tidak pernah menaruh kecurigaan terhadap LN sehingga mereka pun terkejut dengan penggeledahan rumahnya.

4. LN kabarnya memiliki istri yang juga perantau

Rumahnya Digeledah Densus 88, Pemilik Ditangkap di Pasar JoharUmat muslim menunaikan ibadah shalat Idul Adha 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Menurut Edi, tak banyak informasi tentang kehidupan LN yang diketahui oleh warga setempat. Salah satu informasi yang diketahui warga hanya mengenai istrinya yang berasal dari Aceh.

Awalnya, pasangan itu diketahui tinggal di rumah tersebut. Namun, Edi belakangan tidak pernah melihat istrinya lagi karena yang bersangkutan sudah tak tinggal di rumah. "Orangnya murah senyum tapi kurang bergaul," ujarnya. (Abdul Halim)

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya