Rombongan Warga Ciamis Kecelakaan di Cipularang, Satu Penumpang Tewas

Arus balik liburan tahun baru masih terjadi

Purwakarta, IDN Times - Arus balik balik kendaraan pascalibur Natal dan tahun baru masih berlangsung hingga Senin (3/1/2022). Tak sedikit pengendara yang menghindari kepadatan lalu lintas dengan memilih berkendara pada tengah malam atau dini hari.

Namun, alih-alih mempercepat waktu tempuh, kendaraan yang mengangkut rombongan warga asal Ciamis justru mengalami kecelakaan di Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang). Kecelakaan itu dilaporkan pada Senin dini hari di Tol Cipularang wilayah Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Induk Cipularang Aiptu Kemas melaporkan akibat kecelakaan itu, seorang penumpang dilaporkan tewas. "Dugaan sementara karena pengendara mengantuk," katanya kepada wartawan.

1. Seorang penumpang tewas dan enam orang lainnya luka

Rombongan Warga Ciamis Kecelakaan di Cipularang, Satu Penumpang Tewas(Korban kecelakaan Bus Purnama) ANTARA FOTO/Ahmad

Menurut hasil pemeriksaan petugas, korban meninggal dunia itu bernama Elas Laswi (70) warga Dusun Wanaras RT 01/01 Desa Kalijaya, Kecamatan Banjarjaya, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan itu juga melukai enam penumpang lain yang juga berasal dari Ciamis.

Masing-masing korban luka ialah Suhayat (41) dan Rohman (33) warga Desa Sukamukti dan Sukajadi Kecamatan Pamacikan. Kemudian, Nia Kurnia (38) dan Nurkholis warga Desa Kawasen Kecamatan Banjarsari.

Sedangkan, dua penumpang lainnya ialah Rudi Supriadi (38) asal Desa Kalapa Sawit dan Arin (47) warga Desa Baregbeg yang masih termasuk wilayah Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. Seluruh korban telah dibawa ke rumah sakit Abdul Razak Kabupaten Purwakarta untuk mendapatkan penanganan medis.

2. Polisi dalami dugaan kendaraan itu adalah angkutan ilegal

Rombongan Warga Ciamis Kecelakaan di Cipularang, Satu Penumpang TewasDitlantas Polda Metro Jaya ungkap travel ilegal yang melanggar aturan mudik (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Lebih lanjut, Kemas menceritakan kronologi kecelakaan tersebut. "Kendaraan bernomor polisi D1775UM menabrak bagian belakang truk yang tidak diketahui identitasnya di Tol Cipularang kilometer 86 jalur B (arah ke Jakarta) sekitar pukul 3.40 WIB," katanya menjelaskan.

Menurut pemeriksaan petugas, kendaraan nahas itu dikemudian seorang pelajar bernama Sabiq Husni (19) warga Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Polisi saat ini juga tengah menyelidiki dugaan kendaraan tersebut merupakan angkutan gelap atau ilegal.

3. Puncak arus balik libur Nataru terjadi Minggu pekan lalu

Rombongan Warga Ciamis Kecelakaan di Cipularang, Satu Penumpang TewasJalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sementara itu, Astra Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mencatat puncak arus balik libur Natal dan tahun baru terjadi pada Minggu (2/1/2022) lalu. "Total kendaraan yang melintas di ruas tol Cipali (sepanjang hari itu) sebanyak 92.147 kendaraan," kata General Manager Operation Astra Tol Cipali Suyitno, Senin (3/1/2022).

Jumlah tersebut jauh di atas lalu lintas pada hari pertama 2022, Sabtu (1/1/2022) yang mencapai 68.869 kendaraan. Suyitno juga mengklaim jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 28.36 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

4. Arus balik kendaraan ke Jakarta masih ramai

Rombongan Warga Ciamis Kecelakaan di Cipularang, Satu Penumpang TewasTol Cipali (auto2000.co.id)

Setelah puncak arus balik liburan berlalu, kendaraan yang mengarah ke Jakarta terpantau masih ramai. "Arus lalu lintas pada hari ketiga 2022 terpantau ramai lancar dengan jumlah kendaraan tercatat sebanyak 15.531 unit (hingga siang hari)," ujar Suyitno.

Untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas di jalan tol, pihak Astra Tol Cipali mengimbau pengendara untuk tetap waspada saat berkendara, terutama pada malam hari. Selain itu, pengendara juga diminta tidak memacu kendaraannya di atas batas kecepatan maksimal 100 kilometer per jam.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya