Realisasi Vaksinasi Tinggi, Purwakarta Butuh Tambahan Dosis

Meskipun presentasenya tinggi, jumlah dosisnya masih sedikit

Purwakarta, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Purwakarta mencapai 84,33 persen. Pencapaian itu diklaim menjadi angka persentase tertinggi di Jawa Barat sampai saat ini.

Angka tersebut bahkan jauh melebihi serapan vaksin di Jawa Barat sebesar 50,30 persen. Adapun jumlah vaksin yang telah diberikan kepada masyarakat seprovinsi tersebut mencapai 1.565.057 dosis, dari total 3.111.590 dosis yang didistribusikan.

1. Purwakarta raih persentase tertinggi

Realisasi Vaksinasi Tinggi, Purwakarta Butuh Tambahan DosisAbdul Halim/IDN Times

Secara keseluruhan, Kabupaten Purwakarta mendapatkan 35.300 dosis vaksin COVID-19. Dari jumlah tersebut, vaksin yang terpakai atau telah disuntikkan kepada masyarakat mencapai 29.770 dosis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Deni Darmawan mengatakan, keberhasilan vaksinasi COVID-19 merupakan hasil akselerasi yang dilakukan para pemangku kebijakan di daerahnya. "Vaksinasi sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat," ujarnya, kepada wartawan, Kamis (1/4/2021).

2. Vaksinasi tenaga kesehatan belum 100 persen di tahap pertama

Realisasi Vaksinasi Tinggi, Purwakarta Butuh Tambahan DosisAbdul Halim/IDN Times

Hal itu, kata Deni, menunjukkan keseriusan Pemkab Purwakarta dalam melakukan vaksinasi COVID-19. Sama seperti daerah lainnya, sasaran vaksinasi tahap pertama ialah tenaga kesehatan disusul pegawai pelayanan masyarakat untuk tahap keduanya.

"Pada dosis pertama, tenaga kesehatan yang divaksinasi sebanyak 3.988 orang, atau 94,84 persen. Sementara untuk petugas pelayan publik yang sudah divaksinasi mencapai 11.924 orang, atau 34,74 persen, dan lansia sebanyak 256 orang," tutur Deni.

3. Realisasi target vaksinasi tahap kedua masih rendah

Realisasi Vaksinasi Tinggi, Purwakarta Butuh Tambahan DosisAbdul Halim/IDN Times

Pada dosis kedua, jumlah total peserta divaksinasi mencapai 8.515 atau 6,63 persen. Deni merinci jumlah tenaga kesehatan yang divaksinasi sebanyak 3.926 atau 93,37 persen.

Adapun jumlah petugas pelayan publik yang divaksinasi sebanyak 4.586 orang atau 13,36 persen, dan jumlah lansia divaksinasi hanya tiga orang. "Sisa stok vaksinnya hanya tinggal 15.67 persen," kata Deni, optimistis vaksinasi akan segera mencapai target.

4. Jumlah dosis vaksin untuk Purwakarta sebenarnya sedikit.

Realisasi Vaksinasi Tinggi, Purwakarta Butuh Tambahan DosisAbdul Halim/IDN Times

Berdasarkan data yang dibagikan Sekretariat Daerah Purwakarta, realisasi vaksinasi di daerahnya memang melebihi daerah lainnya di Jawa Barat. Pencapaiannya disusul oleh Kota Tasikmalaya, Kabupaten Karawang, Kota Sukabumi dan Kabupaten Indramayu.

Nilai Purwakarta hanya terpaut sedikit dari Kota Tasikmalaya yang mendapatkan persentase sebesar 84,24 persen. Meskipun sebenarnya, jumlah vaksin yang dibagikan di Kota Tasikmalaya jauh melebihi serapan vaksin di Purwakarta.

Vaksinasi di Kota Tasikmalaya mencapai 44,396 dosis dari total vaksin yang diterima sebanyak 52.700 dosis. Bahkan, untuk Kabupaten Karawang angka penyerapannya mencapai 98.462 atau 77,23 persen dari total 127.500 dosis yang mereka terima.

Secara terpisah, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berharap jumlah dosis bagi warga di daerah bisa ditambah oleh pemerintah pusat. "Percepatan vaksinasi COVID-19 ini sejalan dengan arahan dari provinsi dan pemerintah pusat," katanya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya