Program Infrastruktur Jalan Kembali Jadi Prioritas Pemkab Purwakarta

Alokasi untuk penyelenggaraan infrastruktur capai Rp143 M

Purwakarta, IDN Times - Alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Purwakarta 2022 untuk program penyelenggaraan infrastruktur jalan mencapai Rp143 miliar. Pemerintah daerah setempat meyakinkan akan memprioritaskan program infrastuktur tahun ini.

Program tersebut menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Purwakarta. Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Purwakarta, Ryan Oktavia berjanji akan memaksimalkan anggaran tersebut.

Program penyelenggaraan infrastruktur jalan itu, menurut Ryan, mencakup peningkatan jalan, pemeliharaan berkala dan pemerliharaan rutin jalan. "Termasuk, pemerliharaan dan pembangunan jembatan juga meliputi anggaran tanggap darurat," katanya beberapa waktu lalu.

1. Program infrastruktur tahun lalu terkendala refocusing

Program Infrastruktur Jalan Kembali Jadi Prioritas Pemkab PurwakartaIlustrasi jalan rusak (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dalam keterangan persnya, Ryan mengklaim pembangunan infrastruktur selama ini sebenarnya menjadi salah satu program prioritas Pemkab Purwakarta. Namun, realisasinya diakui terkendala pandemik COVID-19 selama dua tahun terakhir.

"Dua tahun kemarin (2020-2021), kita tidak bisa maksimal karena ada peralihan anggaran (refocusing). Tahun ini, Insya Allah kita maksimalkan lagi," tutur Ryan seraya meminta masyarakat untuk bersabar menunggu realisasinya.

2. Program infrastruktur termasuk pembangunan SDA

Program Infrastruktur Jalan Kembali Jadi Prioritas Pemkab Purwakarta(Ilustrasi irigasi) ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Alokasi anggaran tersebut ternyata tak hanya untuk program penyelenggaraan jalan. Dinas PU Tata Ruang Purwakarta juga mengalokasikan anggaran untuk program lainnya, salah satunya program peningkatan sumber daya air (SDA).

Ryan menjelaskan, program tersebut di antaranya untuk membangun jaringan irigasi yang diperkirakan akan menghabiskan biaya sebesar Rp 17 miliar. "Lalu, untuk pembangunan saluran air atau drainase itu dialokasikan Rp 4 miliar," katanya.

3. Infrastruktur jalan akan menunjang pembangunan

Program Infrastruktur Jalan Kembali Jadi Prioritas Pemkab PurwakartaIlustrasi pembangunan (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Lebih lanjut, Ryan menyebutkan alokasi lainnya seperti untuk penataan bangunan gedung senilai Rp 30 miliar. "Ada juga untuk penataan bangunan dan lingkungan dianggarkan Rp 268 juta. Jasa kontruksi sebesar Rp 724 juta dan terakhir untuk program penataan ruangan Rp 2,9 miliar," ujarnya.

Ryan berharap seluruh program yang telah direncanakan saat ini bisa direalisasikan hingga akhir tahun anggaran. Ia pun meyakini infrastruktur jalan yang ada akan mendukung pembangunan dan pemulihan ekonomi di tengah pandemik COVID-19.

4. Bupati banyak terima keluhan jalan rusak dari warga

Program Infrastruktur Jalan Kembali Jadi Prioritas Pemkab PurwakartaDok Pemda Purwakarta

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengakui masih banyak jalan yang rusak. Kerusakan itu pun kerap diadukan melalui media sosial, meskipun, jalan yang dimaksud sebenarnya bukan kewenangan pemerintah daerah melainkan pemerintah provinsi.

Jalan tersebut di antaranya Jalan Pramuka Kecamatan Jatiluhur dan Jalan Purwakarta-Karawang di Kecamatan Babakancikao. "Saya sudah berulang kali menyampaikan (kerusakan jalan) ke Pemprov tapi memang belum ada kepastian (rencana perbaikan jalan)," kata Anne saat ditemui sebelumnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya