Ponsel hingga Gergaji Besi Ditemukan Dalam Lapas Purwakarta, Kok Bisa?

Petugas gabungan lakukan razia serentak di seluruh Indonesia

Purwakarta, IDN Times - Warga binaan Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Purwakarta menyembunyikan benda-benda terlarang. Benda berupa alat konstruksi seperti tang, paku, hingga gergaji besi itu ditemukan saat razia, Selasa (7/4/2021) malam.

Razia kali ini diikuti tim gabungan dari Lapas Kelas IIB Purwakarta, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karawang, dan Kepolisian Resor Purwakarta. Pada pelaksanaannya, mereka tetap menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi personel yang menggeledah.

1. Sejumlah barang terbukti dilarang bahkan cenderung berbahaya

Ponsel hingga Gergaji Besi Ditemukan Dalam Lapas Purwakarta, Kok Bisa?Abdul Halim/IDN Times

Operasi yang dipimpin oleh Kalapas Purwakarta, Sopiana, ini menemukan ratusan barang dari berbagai jenis yang dilarang digunakan warga binaan di dalam Lapas. Beberapa benda di antaranya bahkan dianggap berbahaya karena bisa dijadikan senjata atau alat untuk melarikan diri.

Beberapa alat yang dimaksud antara lain korek gas sebanyak 35 unit, sembilan pisau lipat, dan tujuh gesper. Selain itu, terdapat gunting, beberapa gelas kaca dan pisau cukur.

Petugas juga menemukan telepon genggam sebanyak enam unit yang diduga digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar lapas. Alat elektronik itu juga dilengkapi 13 alat pengisi baterai, lima unit headset, terminal listrik, pelindung ponsel, dan speaker.

2. Ada alat-alat untuk melarikan diri

Ponsel hingga Gergaji Besi Ditemukan Dalam Lapas Purwakarta, Kok Bisa?Abdul Halim/IDN Times

Tak hanya itu, petugas juga mengamankan, delapan sendok, lima paku, satu gergaji besi, empat senjata tajam berbentuk besi kecil, dua tang, tiga pisau cukur dan satu unit alat roko elektrik. Benda-benda tersebut diduga akan digunakan untuk melarikan diri.

"Ratusan barang milik warga binaan dikategorikan berbahaya seperti halnya sendok. Ini berbahaya karena bisa diruncingkan dan menjadi senjata tajam. Begitu pula handphone juga dilarang," tutur Kepala Lapas Purwakarta, Sopiana seusai razia, Rabu (7/4/2021) dini hari.

3. Operasi dilakukan secara serentak

Ponsel hingga Gergaji Besi Ditemukan Dalam Lapas Purwakarta, Kok Bisa?Abdul Halim/IDN Times

Razia gabungan itu, kata dia, dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57. Tak hanya itu, kegiatan juga digelar sekaligus menindaklanjuti surat Direktur Keamanan dan Ketertiban Nomor: PAS.2-PK.02.10.02-143 tanggal 01 April 2021 dan surat Kepala Kantor Wilayah Nomor: W32.PAS.2-PK.02.10.02- 2474 tanggal 01 April 2021.

"Razia serentak di seluruh lembaga pemasyarakatan dan rutan yang ada di Indonesia," kata Sopiana. Namun, ia menegaskan kegiatan serupa sudah sering dilakukan oleh petugas internal Lapas.

4. Beruntung tak ditemukan adanya narkoba

Ponsel hingga Gergaji Besi Ditemukan Dalam Lapas Purwakarta, Kok Bisa?Ilustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain benda-benda terlarang itu, Sopiana mengatakan jajarannya juga menyasar narkotika dan obat-obatan terlarang dari para warga binaan. "Dalam penggeledahan ini tak ditemukan narkoba," ujarnya menegaskan.

Ke depannya, Sopiana berharap kolaborasi antar lembaga terkait bisa diteruskan agar dapat meningkatkan ketertiban di Lapas Purwakarta. Kegiatan razia itu pun nantinya bisa digelar secara berkala.

Sementara itu, Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana melalui Wakapolres, Kompol Satrio Prayogo, mengungkapkan dukungannya. "Ini langkah pencegahan dan upaya meminimalisir penyebaran barang terlarang di dalam lapas. Kami mendukung penuh," kata Satrio.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya