Polda Jabar Dapat 11 Juta Vaksin COVID-19 Akhir Agustus 2021

Kapolda minta setiap daerah mempersiapkan sarana pra sarana

Purwakarta, IDN Times - Wilayah hukum Kepolisian Daerah Jawa Barat akan mendapatkan sekitar 11 juta dosis vaksin COVID-19 pada akhir Agustus 2021nanti. Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Ahmad Dofiri mengaku telah mempersiapkan jajarannya untuk menyambut datangnya vaksin.

Dofiri menargetkan persediaan vaksin tersebut bisa terserap hingga akhir 2021 mendatang. "Nanti diharapkan ketika akhir Agustus sampai dengan Desember 2021, vaksin ini akan banyak," katanya kepada wartawan di Purwakarta, Senin (9/8/2021).

1. Vaksin yang berlimpah perlu diikuti persiapan yang matang

Polda Jabar Dapat 11 Juta Vaksin COVID-19 Akhir Agustus 2021Dok Diskominfo Purwakarta

Kedatangan Kapolda kali ini diakui untuk mengecek persiapan vaksinasi di daerah. Ia meminta jajaran Kepolisian Resor Purwakarta dan pihak-pihak terkait bekerja sama menyukseskan target vaksinasi COVID-19 pada akhir tahun ini.

Persiapan yang diminta di antaranya sarana dan pra sarana, termasuk petugas pelaksana di lapangan. "Kita siapkan dari sekarang. Jangan sampai nanti vaksinnya datangnya banyak sedangkan petugasnya belum siap," ujar Dofiri.

2. Setiap Puskesmas di Jawa Barat dapat 250 dosis vaksin

Polda Jabar Dapat 11 Juta Vaksin COVID-19 Akhir Agustus 2021Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Meskipun pasokan vaksin belum tiba di daerah-daerah, Dofiri menginginkan agar lokasi pelaksanaan vaksinasi sudah disiapkan dari sekarang. Ia pun optimistis setelah melihat pelaksanaan vaksinasi di Purwakarta yang dinilai sudah cukup baik.

Lebih lanjut, Dofiri menyebutkan jatah vaksin yang disalurkan ke setiap Puskesmas sebanyak 250 dosis per hari. "Apabila masing-masing Puskesmas salurkan 250 vaksin, mudah-mudahan target di Jawa Barat bisa tercapai," ujarnya.

3. Realisasi vaksinasi di Purwakarta mencapai 16,5 persen

Polda Jabar Dapat 11 Juta Vaksin COVID-19 Akhir Agustus 2021Abdul Halim/IDN Times

Sementara itu, Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Purwakarta Iyus Permana mengklaim proses vaksinasi di daerahnya selama ini telah berjalan lancar. Namun, kemampuan vaksinator itu tidak sebanding dengan suplai vaksin dari pemerintah pusat maupun provinsi.

"Untuk realisasi vaksinasi di Purwakarta saat ini sudah 16,5 persen," kata Iyus. Ia pun mengakui program vaksinasi COVID-19 di daerahnya selama ini terbantu oleh vaksin dari Polda Jabar dan Komando Daerah Militer III/Siliwangi.

4. Purwakarta kembali melakukan vaksinasi setelah mendapatkan vaksin dari pemerintah pusat

Polda Jabar Dapat 11 Juta Vaksin COVID-19 Akhir Agustus 2021Ilustrasi Vaksin COVID-19. shutterstock.com

Sebelumnya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika juga mengungkapkan suplai vaksin dari pemerintah pusat telah tiba pekan lalu. Sehingga, setiap Puskesmas di Purwakarta bisa menggelar kembali vaksinasi mulai pekan ini.

Adapun, jumlah vaksin yang dikirim dari kementerian terkait sebanyak 2.894 vial. "Sebanyak dua ribu vial untuk vaksin jenis astrazeneca, 831 vial jenis sinovac dan 63 vial vaksin jenis sinopharm," kata Anne.

Baca Juga: Polda Jabar Tangkap Lima Pelaku Penimbun Obat COVID-19

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

Baca Juga: Kemenkes Kirim Tiga Jenis Vaksin COVID-19 untuk Kabupaten Purwakarta

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya