Pertama Kali Dilakukan, Simulasi Penanganan Limbah B3 di Tol Cipali

Simulasi jadi ajang latihan bersama petugas lintas instansi

Purwakarta, IDN Times - Kendaraan tangki pengangkut Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) mengalami kecelakaan di Tol Cikopo-Palimanan. Kejadian itu bagian dari simulasi yang digelar di bekas Gerbang Tol Cikopo Kilometer 77 Kabupaten Purwakarta.

"Pelaksanaan kegiatan simulasi tanggap darurat ini merupakan bentuk kajian Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait dengan penanganan kecelakaan limbah di jalur," kata Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo, Rabu (3/11/2021).

Melalui kegiatan itu, para pemangku kebijakan terkait menunjukkan sinergitas dan kesiapannya dalam penanganan kecelakaan limbah B3. Agung mengatakan, kesiapan tersebut sekaligus untuk meningkatkan pelayanan kepada penguna jalan di ruas tol Cipali.

1. Tol Cipali kerap dilalui kendaraan angkutan B3

Pertama Kali Dilakukan, Simulasi Penanganan Limbah B3 di Tol CipaliAbdul Halim/IDN Times

Sementara itu, General Manager Operation Astra Tol Cipali Suyitno mengakui baru kali ini menyelenggarakan simulasi penanganan kecelakaan angkutan B3. Padahal, jalan Tol Cipali diakui sering dilalui kendaraan angkutan B3.

"Karena ini termasuk daerah industri, tentu ada angkutan B3 yang melintas. Tapi, sampai saat ini memang belum pernah terjadi (kecelakaan angkutan B3)," kata Suyitno, mengakui kegiatan itu termasuk persiapannya menghadapi peningkatan arus lalulintas pada akhir tahun.

2. Penanganan kecelakaan diawali dengan pertolongan korban

Pertama Kali Dilakukan, Simulasi Penanganan Limbah B3 di Tol CipaliAbdul Halim/IDN Times

Dalam simulasi itu, truk tangki diceritakan terguling hingga menumpahkan muatannya ke badan jalan. Selain itu, kecelakaan juga menyebabkan pengemudi dan penumpang truk terluka hingga kondisinya kritis.

Kendaraan medis terlihat tiba paling awal di lokasi kejadian. Petugas yang mengenakan alat pelindung diri lengkap langsung mengeluarkan dua korban di dalam truk dan segera membawanya ke ambulans untuk diberikan pertolongan pertama.

3. Pemadam kebakaran semprotkan cairan untuk bersihkan B3

Pertama Kali Dilakukan, Simulasi Penanganan Limbah B3 di Tol CipaliAbdul Halim/IDN Times

Setelah para korban dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans, kendaraan pemadam kebakaran kemudian tiba di lokasi. Kendaraan tersebut didatangkan dari arah sebaliknya sehingga petugas kepolisian melakukan rekayasa lalulintas lawan arah (contra flow).

Setibanya di lokasi, personel pemadam kebakaran di kedua unit kendaraan tersebut langsung menyemprotkan cairan ke truk tangki yang terbakar. Selain menggunakan air, petugas juga tampak menyemprotkan sejenis cairan berbusa.

Proses penyemprotan cairan itu berlangsung cukup lama. Pasalnya, petugas tak hanya memadamkan air tapi juga membersihkan limbah B3 yang tercecer di lokasi. Terakhir, truk tangki itu pun diderek menggunakan kendaraan khusus.

4. Simulasi dijadikan ajang latihan bersama instansi terkait

Pertama Kali Dilakukan, Simulasi Penanganan Limbah B3 di Tol CipaliAbdul Halim/IDN Times

Selain pihak Astra selaku pengelola Tol Cipali, simulasi kali ini juga diikuti PT. Pertamina Patra Niaga JBB, Badan Pengatur Jalan Tol, Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Polisi Patroli Jalan Raya.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan simulasi keadaan darurat kali ini masuk dalam kategori level 0. "Latihan ini merupakan upaya Tim Pertamina dan Astra Tol Cipali mengasah kewaspadaan seluruh personil," katanya.

Baca Juga: Polda Metro Akan Menyekat Tol Cikarang Utama dan Tol Tangerang

Baca Juga: Terlilit Utang, Waskita Karya Bakal Terus Jual Jalan Tol sampai 2025

Baca Juga: Sambut Lebaran, Rest Area KM 130 Cipali Bersolek Tree of Life

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya