Perahu Nelayan Terbalik di Karawang, Selamet Dicari Tim SAR

Tim SAR gabungan masih mencari korban hingga saat ini

Karawang, IDN Times - Satu perahu nelayan terbalik di Laut Pakisjaya Kabupaten Karawang, Rabu (5/1/2022). Hingga saat ini, seorang nelayan yang menjadi awak kapal masih dalam pencarian tim Pencari dan Penyelamat (Search And Rescue/SAR).

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang perahu nelayan itu terbalik sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Namun, informasi kejadian baru dilaporkan ke Kantor SAR Bandung pada pukul 12.00 WIB. 

"Pada Selasa (4/1/2022) pukul 16.00 WIB, korban beserta tiga orang rekannya berangkat melaut untuk mencari ikan, namun pada Rabu (05/01) 03.00 WIB dini hari perahu yang ditumpangi diterjang angin badai, sehingga mengakibatkan perahu terbalik," tutur Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah.

1. Korban yang hilang adalah warga Dadap, Indramayu

Perahu Nelayan Terbalik di Karawang, Selamet Dicari Tim SARIlustrasi kapal-kapal nelayan. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Dari laporan BPBD itu juga ditegaskan bahwa penumpang kapal nelayan nahas berjumlah empat orang. "Tiga orang selamat dan satu orang hingga saat ini belum ditemukan," kata Deden merinci.

Adapun korban diketahui bernama Selamet (18) asal Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Dalam keterangan persnya, pihak Kantor SAR Bandung tidak menyebutkan identitas ketiga penumpang lainnya.

2. Pencarian melibatkan berbagai unsur tim SAR

Perahu Nelayan Terbalik di Karawang, Selamet Dicari Tim SARDok Kantor SAR Bandung

Lebih lanjut, Deden mengaku, telah memberangkatkan dua tim penyelamat ke lokasi kejadian pada hari yang sama, pukul 12.15 WIB. Tim juga dilengkapi peralatan untuk membantu pencarian yaitu dua unit kendaraan rescue, dua set palsar air, satu set peralatan alkom, satu set pal medis dan APD personal.

Tim SAR dari Bandung selanjutnya bergabung dengan tim SAR gabungan dari berbagai unsur di lokasi kejadian. Mereka berharap pencarian bisa membuahkan hasil pada hari yang sama, apalagi jika korban yang hilang dapat ditemukan dalam keadaan hidup.

3. Tim gabungan belum temukan korban hingga Rabu sore

Perahu Nelayan Terbalik di Karawang, Selamet Dicari Tim SARIlustrasi tenggelam. (dok. IDN Times/bt)

Secara terpisah Komandan Tim Rescue, Andri Kurniawan mengatakan tim yang terlibat antara lain dari Unit Siaga SAR Karawang bersama BPBD, KRI Karawang, Polsek Pakis, Satpolair Polres Karawang dan nelayan setempat. "Kami melakukan pencarian menggunakan satu unit LCR di sekitar LKP (Last Known Position)," ujarnya.

Hingga berita ini dibuat, belum ada perkembangan hasil pencarian korban tersebut. Proses pencarian berlangsung lancar dengan kondisi cuaca yang cukup cerah hingga sore hari.

Baca Juga: Kecelakaan Perahu di Waduk Jatiluhur, Seorang Warga Tewas Tenggelam

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya