Pencuri Motor di Karawang Didominasi Orang Baru, di Antaranya Pasutri

Polres Karawang tangkap 15 pelaku curanmor dalam sepekan

Karawang, IDN Times - Pencuri kendaraan bermotor yang beraksi di wilayah Kabupaten Karawang kebanyakan adalah orang baru. Hal itu terungkap dari hasil penangkapan polisi terhadap 15 pelaku curanmor selama sepekan terakhir.

Kepala Polisi Resor Karawang, Ajun Komisaris Besar Aldi Subartono menyebut pelaku curanmor kali ini juga bukan hanya laki-laki tapi ada juga perempuan. “Seorang perempuan dan 14 laki-laki. Dari 15 orang tersebut, terdapat dua orang residivis,” katanya, Kamis (29/7/2022).

Kedua residivis atau orang yang pernah dipidana atas kejahatan serupa itu diketahui berinisial KN dan TR. Sedangkan, 13 orang lain yang ditangkap diakui baru melakukan tindak kejahatan curanmor.

Motif kejahatan mereka diduga karena himpitan ekonomi, sehingga mereka nekat mencuri untuk memenuhi keperluan hidupnya. Kasus curanmor tersebut saat ini masih dalam penyelidikan Polres Karawang.

1. Karawang jadi sasaran aksi pencuri dari daerah lain.

Pencuri Motor di Karawang Didominasi Orang Baru, di Antaranya PasutriIlustrasi (IDN Times/Sukma Sakti)

Aldi mengatakan, jajarannya menerima 24 laporan kehilangan kendaraan bermotor khususnya roda dua. Namun, hanya sembilan unit sepeda motor yang bisa diamankan petugas dari para pelaku yang tertangkap.

“Dari 15 pelaku ini, selain pelakunya adalah warga Karawang, juga terdapat warga yang beralamat di Kabupaten Bogor, Subang serta Bekasi,” kata Aldi.

Artinya, wilayah Karawang terbilang menjadi sasaran para komplotan curanmor dari dalam maupun luar daerahnya.

2. Kelompok pencuri beraksi di beberapa wilayah berbeda

Pencuri Motor di Karawang Didominasi Orang Baru, di Antaranya PasutriIlustrasi, tersangka. Shutterstock

Menurut hasil pemetaan polisi, dari 24 laporan warga diketahui operasional para pencuri terfokus di beberapa wilayah. Mereka diduga beraksi secara berkelompok di wilayah yang menjadi sasarannya.

“Yang pertama, beralamat di Cilamaya baik itu pemetik (pencuri) dan juga penadahnya, sehingga wilayah operasionalnya di Cilamaya hingga Kota Baru. Ada juga kelompok yang beralamat di wilayah Pedes. Ini kebanyakan melakukan aksinya di wilayah hukum Jambe Timur dan Karawang Kota,” tutur Aldi.

Selain itu, Kapolres menyebut kelompok lain yang bermarkas di wilayah Pakisjaya-Batujaya serta kelompok dari Rengasdengklok. Mereka disebut beroperasi khusus di wilayahnya masing-masing.

3. Pencurian sepeda motor dilakukan sepasang suami-istri

Pencuri Motor di Karawang Didominasi Orang Baru, di Antaranya Pasutriilustrasi pasangan (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain banyak di antara pelaku curanmor yang baru terlibat, Aldi juga menemukan pelaku dari usia muda. Para pelaku itu disebut berusia antara 19-40 tahun dari kalangan pekerja swasta, buruh dan ibu rumah tangga.

“Jadi perempuan ini suami-istri dengan (pelaku lain) yang kita tangkap juga,” katanya.

Aldi mengatakan, aksi pencurian yang dilakukan pasangan suami-istri itu sempat terekam kamera pengawas. Sang istri yang merupakan warga Cilamaya berperan sebagai joki atau yang mengendarai sepeda motor, sedangkan suaminya yang mencuri motor di lokasi.

4. Polres Karawang akan gelar razia kendaraan bermotor

Pencuri Motor di Karawang Didominasi Orang Baru, di Antaranya PasutriIlustrasi razia polisi. Dok.IDN Times/istimewa

Para pelaku kini terancam hukuman penjara selama 4-7 tahun. “Kita kenakan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman tujuh tahun tahun penjara dan Pasal 480 KUHP dengan ancaman empat tahun penjara,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut, Aldi mengimbau masyarakat agar tidak membeli sepeda motor yang tidak dilengkapi dokumen resmi. Menurutnya, motor tersebut ada kemungkinan adalah hasil pencurian. Selain itu, ia meminta masyarakat menjaga kendaraannya masing-masing.

Untuk itu, jajaran Polres Karawang berencana melakukan razia kendaraan bermotor untuk menjaring kendaraan tanpa dokumen resmi atau bodong. Langkah tersebut menyusul kegiatan operasi yang sudah rutin digelar pada siang dalam malam hari.

Baca Juga: Polisi Bekuk 3 Pelaku Curanmor Spesialis Kunci T di Lampung Timur

Baca Juga: 3 Pelaku Curanmor di Bekasi Dibekuk, Satu Masih Dibawah Umur

Baca Juga: Remaja Karawang Rela Jadi Gelandangan Demi Ikut Citayam Fashion Week

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya