Pemkab Purwakarta Usulkan 48.000 Keluarga Miskin Dapat STB Gratis

Pendataan penerima bantuan STB hingga Desember 2022

Purwakarta, IDN Times - Tidak semua kalangan dapat menerima pemberhentian siaran televisi analog atau Analog Switch Off (ASO) dan beralih menjadi saluran digital. Banyak di antara masyarakat miskin diketahui tidak mampu membeli alat untuk menerima saluran digital atau set top box (STB).

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengusulkan bantuan STB bagi keluarga rumah tangga miskin (RTM).

“Kita sudah mengusulkan sebanyak 48.000 RTM agar mendapatkan bantuan STB dari pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono, Kamis (10/11/2022).

Dalam keterangan pers, pemerintah daerah juga telah melakukan rapat koordinasi lintas instansi dan organisasi perangkat daerah terkait. Kegiatan tersebut digelar di Ruang Ogan Lopian Kompleks Perkantoran Pemkab Purwakarta.

1. Pendataan penerima STB paling lambat Desember 2022

Pemkab Purwakarta Usulkan 48.000 Keluarga Miskin Dapat STB Gratisdok Diskominfo Purwakarta

Rudi menjelaskan, data RTM bakal penerima STB berasal dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Purwakarta. Data tersebut saat ini dalam proses verifikasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa daerah setempat.

Selanjutnya, data yang sudah selesai diverifikasi harus dibuatkan surat keputusan pembagian STB yang ditandatangani oleh Bupati Purwakarta. "Proses pendataannya paling lambat harus selesai pada Desember 2022 mendatang,” ujar Rudi.

2. Bantuan STB dari pemerintah pusat dikirim lewat Pos

Pemkab Purwakarta Usulkan 48.000 Keluarga Miskin Dapat STB GratisSeorang warga mencoba melakukan pemasangan Set Top Box (STB) saat uji coba survei kesiapan masyarakat beralih ke siaran TV Digital. (Dok. Kominfo)

Setelah itu, Rudi mengatakan data kemudian dikirim ke Kementerian Komunikasi dan Informasi. “Setelah data dikirim ke Kemenkominfo, kita yang di daerah tinggal menunggu jadwal pendistribusian dari pusat atau melalui Pos Indonesia," katanya, menjelaskan.

Kadiskominfo juga mengungkapkan, bantuan STB itu memang telah disiapkan dalam tahapan ASO yang disusun Kementerian Komunikasi dan Informatika. Bantuan itu memang disiapkan untuk masyarakat tidak mampu membeli televisi berteknologi mutakhir.

3. Masyarakat mengeluhkan tampilan TV digital masih jelek

Pemkab Purwakarta Usulkan 48.000 Keluarga Miskin Dapat STB GratisIlustrasi tayangan siaran televisi digital. (Tim Komunikasi Publik dan Edukasi Migrasi TV Digital)

Dengan STB tersebut, masyarakat yang memiliki televisi analog tidak perlu mengganti televisi baru untuk menikmati siaran televisi digital. Penyediaan STB diharapkan dapat mendukung migrasi dari televisi analog ke televisi digital pada 2022 ini.

Sementara itu, sejumlah masyarakat di Kabupaten Purwakarta mengeluhkan tampilan gambar TV mereka masih runyam meskipun telah beralih menggunakan saluran digital. “Walaupun sudah pakai STB, gambarnya tetap jelek,” kata salah seorang warga kawasan Pasar Simpang, Marino.

Baca Juga: Dua Perusahaan Garmen di Purwakarta Bangkrut, Ribuan Karyawan di PHK 

Baca Juga: Tabrak Warung Makan di Purwakarta, Bus Diduga Alami Rem Blong

Baca Juga: Marak Nikah Siri, Banyak Pasutri di Purwakarta Tak Punya Buku Nikah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya