Parah! Rumah Sakit di Purwakarta Buang Limbah Medis Sembarangan

Masyarakat khawatir limbah medis menimbulkan penyakit

Purwakarta, IDN Times - Limbah medis bercampur sampah lainnya menumpuk di salah satu Rumah Sakit di Kabupaten Purwakarta beberapa waktu lalu. Pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup menegur pihak RS karena dianggap abai.

Sampah yang termasuk bahan berbahaya dan beracun (B3) itu tak kunjung dibersihkan hingga menimbulkan kekhawatiran masyarakat setempat.

"(Sampah) ini sangat berbahaya karena dari limbah medis yang dibuang di mana saja," kata salah seorang warga, Riyadi (37), Kamis (15/7/2021).

1. DLH Purwakarta menyalahkan pihak RS

Parah! Rumah Sakit di Purwakarta Buang Limbah Medis SembaranganIlustrasi Sampah Medis (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Warga setempat khawatir keberadaan limbah medis bisa menimbulkan penyakit. Bisa jadi, limbah tersebut mengandung bakteri berbahaya bahkan virus seperti COVID-19 sehingga perlu segera dibersihkan.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta menolak bertanggung jawab atas tumpukan limbah medis tersebut. Mereka justru menyalahkan pihak RS yang tidak membuang sampahnya secara benar.

"Kejadian itu kemarin kalau tidak salah," kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (P2KL) Kabupaten Purwakarta, Iwan Kuswandi. Adapun lokasinya ialah di Kelurahan Purwamekar, Kecamatan Purwakarta.

2. Petugas kebersihan tak berani mengangkut limbah medis

Parah! Rumah Sakit di Purwakarta Buang Limbah Medis SembaranganPixbay/nastya_gepp

Menurut Iwan, sampah yang mengandung limbah medis seperti itu perlu ditangani secara khusus. Bahkan, petugas kebersihan dari dinasnya juga tidak berani mengangkut sampah tersebut.

"Intinya petugas dari bidang pengangkut sampah tidak berani mengambil kalau melihat kondisi di lapangan seperti itu. Jangan diambil, karena dikhawatirkan nanti (menimbulkan) hal-hal yang tidak diinginkan (seperti penyakit)," tutur Iwan.

3. DLH lakukan verifikasi lapangan untuk menyelidiki pembuangan limbah medis

Parah! Rumah Sakit di Purwakarta Buang Limbah Medis SembaranganTumpukan karung berisi limbah medis dari Kudus saat diangkut menuju RST Semarang. (Dok. Pendam IV Diponegoro)

Alih-alih membereskan sampah tersebut, petugas dinasnya terlebih dahulu melakukan verifikasi lapangan. Langkah tersebut guna menyelediki lebih lanjut kasus penumpukkan sampah medis di sana.

Dari pengamatannya, terdapat benda-benda medis yang berserakan di pinggir jalan seperti masker bekas dan botol infusan yang sudah kosong tak terpakai. Benda-benda tersebut seharusnya dibuang terpisah dengan sampah lain.

"Limbah medis itu harusnya ditempatkan di TPS B3. TPS B3 itu tempat khusus membuang limbah medis seperti masker-masker sisa kemudian seperti botol-botol infusan," kata Iwan menjelaskan.

4. RS terbukti melakukan pelanggaran membuang limbah medis sembarangan

Parah! Rumah Sakit di Purwakarta Buang Limbah Medis SembaranganLimbah medis di TPA Bakung (IDN Times/Istimewa)

DLH Purwakarta mengancam akan memberikan sanksi terhadap pihak RS. Namun, mereka belum bisa menjelaskan lebih lanjut sanksi yang akan diberikan.

Dari hasil verifikasi lapangan, Kepala Seksi Pengelolaan Limbah B3 DLH Purwakarta, Eka Purwati menemukan sejumlah pelanggaran. "Proses pembuangan tidak boleh sembarang," katanya sekaligus menegur pihak RS.

Baca Juga: Air Sungai Citarum di Karawang Menghitam, DLH Jabar Mencak-mencak!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya