Menparekraf Sandiaga Uno Tambah Tiket MotoGP Meski Omicron Mengancam

Kabupaten Subang miliki wahana balon udara mirip Cappadocia

Subang, IDN Times - Penyebaran COVID-19 varian Omicron di Indonesia mulai meluas. Namun, Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno belum berniat menutup tempat pariwisata.

Pemerintah dipastikan akan tetap membuka kunjungan wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Termasuk, untuk gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada Maret 2022 mendatang.

"Jadi kita harus meningkatkan vaksinasi COVID-19, program (vaksinasi) booster sudah dimulai, anak-anak juga sudah dan yang paling terpenting itu protokol kesehatan," kata Sandiaga Uno saat menghadiri dialog di Kabupaten Subang, Minggu (23/1/2022).

1. Tiket MotoGP akan ditambah untuk 100 ribu orang

Menparekraf Sandiaga Uno Tambah Tiket MotoGP Meski Omicron MengancamPresiden Jokowi mengunjungi Sirkuit Pertamina Mandalika di KEK Mandalika (Dok ITDC)

Terkait Moto GP di Mandalika, Sandiaga Uno menjelaskan persiapan penyelenggara sampai saat ini sudah hampir selesai. Ia meyakinkan seluruh tahapan yang dilalui masih berjalan sesuai rencana dan instruksi Presiden Joko Widodo.

Tak hanya itu, Menparekraf bahkan akan menambah jumlah penonton di Sirkuit Mandalika saat balapan dimulai. "Justru kita meningkatkan jumlah kapasitas tiket yang terjual itu, 100 ribu (orang)," kata Sandiaga menegaskan.

2. Pencegahan Omicron dengan meningkatkan protokol kesehatan

Menparekraf Sandiaga Uno Tambah Tiket MotoGP Meski Omicron Mengancamilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Terkait protokol kesehatan di tempat-tempat pariwisata, Sandiaga Uno meminta pengelola menambah sosialisasi kepada para pengunjung. Langkah tersebut juga perlu diikuti penegakan aturan oleh pemerintah daerah maupun aparat terkait.

"Mengenai Omicron, sudah mulai memasuki fase peningkatan kasus yang cukup signifikan. Diperikirakan, pertengahan Februari dan awal Maret 2022 itu adalah puncaknya," kata Sandiaga berdasarkan laporan dari kementerian kesehatan.

3. Subang memiliki wanaha balon udara mirip Cappadocia

Menparekraf Sandiaga Uno Tambah Tiket MotoGP Meski Omicron MengancamCappadociaturkey.net

Kedatangan Sandiaga Uno ke Kabupaten Subang sekaligus untuk melihat potensi pariwisata dan industri kreatif lokal. Menurutnya, sejumlah objek pariwisata berpotensi untuk dikembangkan menjadi lebih besar.

Selain wisata budaya dan alam, Subang juga kini memiliki wanaha wisata balon udara di Ciater. Sandiaga membandingkannya dengan tempat serupa di Cappadocia, Turki yang viral karena serial Layangan Putus.

"Di Subang it's now reality bisa naik balon udara yang tidak perlu ke Cappadocia cukup ke Ciater," kata Sandiaga Uno mempromosikan tempat tersebut.

4. Produk UMKM Subang perlu inovasi dari segi kemasan

Menparekraf Sandiaga Uno Tambah Tiket MotoGP Meski Omicron MengancamAbdul Halim/IDN Times

Selain itu, Menparekraf juga menyoroti produk ekonomi kreatif di Subang yang masih perlu dikembangkan. Sandiaga mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah untuk terus berinovasi, seperti dari segi kemasan agar bisa lebih menarik. 

“Di Subang saya juga tadi mencoba beberapa produk-produk ekonomi kreatif seperti jus nanas yang enak sekali dan rengginangnya juga enak. Namun dari segi kemasan rengginangnya tidak eye catching,” tutur Sandiaga.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya