Lowongan Kerja di Purwakarta Didominasi Kesempatan ke Luar Negeri

Disnakertrans gelar Job Fair pada 23-25 Mei 2023 pekan depan

Purwakarta, IDN Times - Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kabupaten Purwakarta menyediakan ribuan lowongan kerja dalam bursa kerja (job fair) yang akan digelar 23-25 Mei 2023 mendatang. Namun, lowongan pekerjaan itu lebih banyak untuk penempwtan luar negeri.

Sekretaris Disnakertrans Wita Gusrianita mendorong tenaga kerja memenuhi kriteria pekerja di luar negeri. Selain berusia di atas 18 tahun, kriteria khusus yang harus dikuasai mereka adalah bahasa asing.

Karena itu, masyarakat yang berminat perlu mengikuti pelatihan bahasa asing terlebih dulu. “(Kemampuan bahasa asing) bisa dijadikan salah satu syarat. Hanya saja, untuk (pekerjaan di) luar negeri, biaya pelatihan ditanggung pelamar,” kata Wita, Selasa (16/5/2023).

1. Angka pengangguran di Purwakarta terus menurun

Lowongan Kerja di Purwakarta Didominasi Kesempatan ke Luar NegeriIlustrasi pegawai sebuah pabrik di Kabupaten Bandung hendak pulang kerja. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Secara terpisah, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menjelaskan tujuan dari kegiatan Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023 yakni untuk mengkonsolidasikan kesempatan kerja yang tersedia di berbagai perusahaan kepada masyarakat, khususnya para pencari kerja.

Anne mengklaim tingkat pengangguran di Purwakarta terus berkurang secara signifikan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat pengangguran pada 2022 mencapai 8,75 persen.

Tingkat pengangguran tahun lalu diklaim turun dibandingkan tahun sebelumnya mencapai 10,70 persen. "Kegiatan ini nantinya membuka ribuan peluang kerja," kata Anne optimistis mengurangi angka pengangguran.

2. Bupati ingin bursa kerja membawa manfaat besar

Lowongan Kerja di Purwakarta Didominasi Kesempatan ke Luar NegeriIDN Times/Abdul Halim

Hingga saat ini, dinas terkait diketahui masih mematangkan rencana penyelenggaraan Job Fair pekan depan. Menurut informasi yang diterima bupati, sudah ada puluhan perusahaan yang akan berpartisipasi menawarkan pekerjaan di acara tersebut.

Sejalan dengan itu, Anne juga menginstruksikan jajarannya untuk menyosialisasikan bursa kerja ke khalayak luas.

"Saya ingin kegiatan itu benar-benar membawa manfaat yang besar bagi masyarakat. Peluang ini harus tersosialisasikan dengan baik," ujarnya.

3. Kuota lowonhan kerja ke luar negeri sampai 1.650 orang

Lowongan Kerja di Purwakarta Didominasi Kesempatan ke Luar NegeriIlustrasi bursa lowongan kerja. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Purwakarta Didi Garnadi menyebutkan perusahaan yang akan berpartisipasi untuk sementara ini sebanyak 30 perusahaan. Adapun, jumlah lowongan kerja yang ditawarkan secara keseluruhan mencapai 2.112 orang.

Dari 30 perusahaan yang berpartisipasi itu, Didi merinci sebanyak 25 perusahaan membuka lowongan pekerjaan di dalam negeri untuk 462 orang.

“Perusahaan lainnya akan membuka lowongan pekerjaan untuk penempatan ke luar negeri dengan jumlah yang cukup besar yakni bagi 1.650 orang," katanya.

4. Jumlah lowongan kerja di Job Fair terus ditambah

Lowongan Kerja di Purwakarta Didominasi Kesempatan ke Luar Negeriilustrasi lowongan kerja (IDN Times/Nathan Manaloe)

Untuk lowongan kerja ke luar negeri meliputi sejumlah negara di Eropa, yakni Slovakia, Rumania, dan Hungaria. Ada pula lowongan kerja ke negara-negara raksasa ekonomi di Asia seperti Jepang, Taiwan dan Hongkong ditambah satu negara ekonomi maju di Timur Tengah, yakni Arab Saudi.

Menurutnya, jumlah perusahaan dan lowongan kerja yang akan ditawarkan pada kegiatan nanti masih akan bertambah.

“Kami tetap masih terus mengupayakan bisa terus menambah peluang jumlah lowongan kerja hingga kegiatan diselenggarakan,” ujar Didi.

Baca Juga: Mohon Bersabar, 109 Kilometer Jalan Kabupaten Purwakarta Rusak

Baca Juga: Perputaran Uang Wisatawan di Purwakarta Capai Rp26 Miliar

Baca Juga: Dinkes Pastikan Tak Ada Penambahan Kasus Polio di Purwakarta

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya