Comscore Tracker

Kontingen PON dari Purwakarta Masih Tunggu Bonus dari Pemda

Bonus dijanjikan bagi atlet peraih medali maupun non-medali

Purwakarta, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Purwakarta meyakinkan para atlet yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX  Papua dan berhasil membawa pulang medali akan mendapatkan bonus. Namun, nilai dan waktu pencairannya belum jelas hingga para atlet pulang dari Papua.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Heri Anwar menegaskan bonus itu akan diberikan. "Untuk nominalnya belum ada (kejelasan), masih didiskusikan," katanya melalui pesan singkat, Kamis (21/10/2021).

Pada kesempatan itu, Heri sekaligus menyampaikan rencana penyelenggaraan pawai atlet PON keliling wilayah Purwakarta. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pekan depan, meski ia belum bisa memastikan tanggal dan harinya.

1. Atlet dan pelatih berharap mendapatkan bonus besar dari Pemda

Kontingen PON dari Purwakarta Masih Tunggu Bonus dari PemdaIlustrasi venue pertandingan di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Rencana tersebut ternyata belum diketahui para atlet maupun pelatih. Menurut salah seorang pelatih cabang olahraga dayung, Fahrudin, informasi yang beredar masih simpang-siur hingga saat ini.

"Katanya memang akan diberikan (bonus), tapi belum ada bocoran (nominalnya). Kami berharap jumlahnya besar," kara Fahrudin saat dikonfirmasi sehari sebelumnya. Para atlet dan pelatih pun hanya bisa menunggu realisasi tersebut.

2. Seluruh atlet dipulangkan ke rumah masing-masing dengan armada khusus

Kontingen PON dari Purwakarta Masih Tunggu Bonus dari PemdaIlustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Para atlet asal Kabupaten Purwakarta diketahui telah kembali dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Disporaparbud setempat mengaku telah memfasilitasi penjemputan mereka menggunakan armada khusus.

“Tiga armada di Bandung untuk penjemputan mereka, kita antarkan ke rumah masing-masing,” ujar Kepala Bidang Olahraga Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Iwan Kartiwa, Selasa (19/10/2021) lalu. Proses pemulangan para atlet itu pun dinilai berjalan lancar.

3. Medali terbanyak dikumpulkan dari atlet cabang olahraga dayung

Kontingen PON dari Purwakarta Masih Tunggu Bonus dari PemdaANTARA FOTO/INASGOC/Rahmad Suryadi

Iwan menyebutkan jumlah atlet asal Purwakarta yang dikirim ke PON kali ini sebanyak 14 orang ditambah enam pelatih. Mereka terdiri dari beberapa cabang olahraga seperti dayung, angkat berat, layar dan senam.

Masing-masing atlet dinilai telah berkontribusi besar bagi kontingen Jawa Barat dalam perlombaan yang diikutinya. “Medali paling banyak itu dari cabor dayung,” kata Iwan.

Ia menyebutkan atlet dayung asal Purwakarta berhasil menyumbangkan sembilan medali emas, enam perak dan dua perunggu. Sedangkan, atlet layar meraih dua perak, angkat berat dapat satu perak dan dua perunggu ditambahkan dari cabor senam.

4. Para atlet sepantasnya diapresiasi karena telah mengharumkan nama daerah

Kontingen PON dari Purwakarta Masih Tunggu Bonus dari PemdaANTARA FOTO/INASGOC/Rahmad Suryadi

Menurut Iwan, prestasi para atlet telah mengharumkan nama daerah. Karena itu, pemerintah daerahnya pun sepantasnya mengapresiasi mereka dengan melakukan penjemputan hingga menyiapkan bonus atau uang kadeudeuh (kasih sayang)

Bonus tersebut dijanjikan tak hanya kepada atlet yang mendapat medali tapi juga yang tak mendapatkan medali. "Rencananya, kami juga akan mengarak mereka keliling Purwakarta," ujar Iwan menambahkan.

Baca Juga: Atlet Sulsel Peraih Medali PON XX Papua Terima Bonus Dua Kali Lipat

Baca Juga: Gak Ada Bonus di Bandung, Ridwan Kamil: Jangan Sampai Atlet Pundung

Baca Juga: Tak Ada Bonus dari Oded, KONI Bandung Harap Atlet PON Perbanyak Sabar 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya