Kelelahan saat Berenang, Pemuda Tenggelam di Irigasi Karawang

Kantor SAR Bandung masih lakukan pencarian hingga hari kedua

Karawang, IDN Times - Seorang remaja laki-laki hilang di Saluran Irigasi BT 15 Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang. Ia diduga tenggelam saat berenang pada Minggu (10/10/2021) menjelang magrib.

Peristiwa itu baru dilaporkan ke tim Pencarian dan Penyelamatan (Search And Rescue/SAR) pada pukul 20.00 malam. Proses pencarian dilakukan tim gabungan hingga Senin (11/10/2021).

"Berdasarkan laporan yang diterima, waktu kejadian pada pukul 17.30 WIB saat korban sedang berenang," tutur Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah dalam keterangan persnya.

1. Korban diduga kelelahan saat berenang di kali

Kelelahan saat Berenang, Pemuda Tenggelam di Irigasi KarawangIlustrasi berenang (IDN Times/Sukma Shakti)

Dalam keterangan pers Kantor SAR Bandung disebutkan identitas korban bernama Risna Gunawan (17). Laki-laki tersebut diketahui berasal dari Desa Cikampek Selatan Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang.

Menurut keterangan saksi mata diduga kelelahan saat berenang . "Korban kelelahan sehingga terbawa arus kali. Setelah itu, korban tidak muncul di atas permukaan (air)," ujar Deden melanjutkan.

2. Pencarian korban belum membuahkan hasil pada hari pertama

Kelelahan saat Berenang, Pemuda Tenggelam di Irigasi KarawangDok Kantor SAR Bandung

Setelah mendapatkan laporan tersebut, Kantor SAR Bandung memberangkatkan satu tim ke lokasi pada pukul 20.15 WIB. Mereka selanjutnya bergabung dengan tim gabungan dari berbagai unsur di wilayah Karawang.

Setelah melakukan pencarian sepanjang malam, Deden mengakui tim belum bisa menemukan tubuh korban. "Tim SAR Gabungan lanjutkan pencarian pada hari kedua, Senin (11/10/2021)," katanya.

3. Tim gabungan dibagi tiga pada pencarian hari kedua

Kelelahan saat Berenang, Pemuda Tenggelam di Irigasi KarawangDok Kantor SAR Bandung

Unsur yang terlibat dalam tim gabungan terdiri dari Basarnas, Polsek Kotabaru, Koramil Cikampek, BPBD Karawang, PMI Karawang, Tagana Karawang, SAR MTA, KATANA, BMPK, Barokah Rescue, Jadoel Scout Rescue, ACT, Citra Bhayangkara, PZEER, Bamagnaz, RMI, Brigana KPSI dan Burial.

Deden menjelaskan strategi pencarian korban yakni dengan membagi Tim SAR gabungan. "Hari ini pukul 07.30 WIB Tim SAR Gabungan mulai melakukan pencarian terhadap korban dengan rencana operasi SAR membagi tim menjadi tiga SRU," katanya.

4. Tim mencari di sekitar lokasi kejadian hingga radius tiga kilometer

Kelelahan saat Berenang, Pemuda Tenggelam di Irigasi KarawangTim Basarnas Jambi melakukan pencarian warga hilang terseret arus di Sungai Batanghari/IDN Times/Dokumentasi Basarnas Jambi

Lebih lanjut, Deden menjelaskan tugas SRU 1 melakukan penyisiran dari lokasi kejadian ke jembatan Bakan Tambun. Mereka mencari hingga sejauh satu kilometer menggunakan satu unit LCR Basarnas.

"SRU 2 mencari di sekitar lokasi kejadian dan SRU 3 melakukan penyisiran dari Jembatan Bakan Tambun menuju jembatan Sukasari dengan jarak tiga kilometer menggunakan satu unit LCR milik BPBD," tutur Deden. Namun, hingga berita ini dibuat belum ada perkembangan dari Kantor SAR Bandung.

Baca Juga: SAR Bandung Cari Seorang Remaja Dilaporkan Tenggelam di Waduk Cirata

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya