Jenuh Urusan Duniawi, Baim Wong Ingin Bangun Pesantren di Purwakarta

Dedi Mulyadi beri saran konsep pesantren berbasis semesta

Purwakarta, IDN Times - Pemain sinetron sekaligus YouTuber, Baim Wong berniat membangun pondok pesantren di Kabupaten Purwakarta. Hal itu dilakukan karena ia menyadari tak akan ada henti-hentinya bila hanya mengurus urusan duniawi.

"Tujuan saya buat rumah Al-quran karena dunia ini tidak ada habisnya," kata Baim dalam keterangan persnya, Kamis (22/4/2021). Pondok pesantren tersebut nantinya akan dibangun dan dibiayai dari uangnya pribadi.

1. Baim Wong dibesarkan di Purwakarta

Jenuh Urusan Duniawi, Baim Wong Ingin Bangun Pesantren di PurwakartaInstagram.com/baimwong/

Baim Wong yang memiliki nama asli Artis Muhammad Ibrahim itu memang tak asing dengan Purwakarta. Ia mengaku sempat tinggal bersama almarhumah ibunya saat masih kanak-kanak di sana.

Dengan adanya pondok pesantren miliknya, Baim pun dipastikan akan lebih sering mengunjungi Purwakarta. "Nantinya saya maunya kalau ada uang mikirnya untuk kehidupan pesantren," ujarnya.

2. Pesantren Baim Wong untuk mencetak penghafal Al-quran

Jenuh Urusan Duniawi, Baim Wong Ingin Bangun Pesantren di PurwakartaSantri tengah menghafal Alquran di pondok pesantren Tahfidz Alam Maroko. (IDN Times/Bagus F)

Baim Wong mengaku ingin membuat pondok pesantren dengan konsep rumah Al-quran. Lembaga pendidikan itu diharapkan akan fokus pada metode hafalan dan pendidikan berbasis Al-quran.

Keinginan Baim Wong itu diungkapkan kepada rekan sesama YouTuber yang juga politikus, Dedi Mulyadi. Keduanya bahkan telah meninjau lokasi, yakni di Kampung Babakan Loa, Desa Cirende, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta.

3. Dedi Mulyadi usulkan konsep pesantren berbasis semesta

Jenuh Urusan Duniawi, Baim Wong Ingin Bangun Pesantren di PurwakartaAbdul Halim/IDN Times

Mereka pun berdiskusi selama perjalanan dalam satu mobil. Salah satu saran Dedi Mulyadi untuk pesantren milik Baim Wong nanti ialah konsep pesantren berbasis semesta.

Dedi menjelaskan maksudnya ialah pendidikan agama yang diaplikasikan dengan kegiatan bertani dan beternak. “Nanti di pesantren bikin kampung peternakan. Nanti yang urusnya anak-anak binaan kita. Anak yatim yang kita didik jadi petani dan pengusaha," ujarnya pada Baim Wong.

4. Konsep pesantren berbasis semesta diklaim sesuai ajaran nabi.

Jenuh Urusan Duniawi, Baim Wong Ingin Bangun Pesantren di PurwakartaIlustrasi Al Quran (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menurut Dedi, konsep pesantren yang dimaksudkannya itu sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. "Jadi mereka (para santri) pagi-siang beternak, malam mengaji. Nabi Muhammad kan dulu juga beternak,” katanya.

Tak butuh waktu lama, Baim Wong pun tertarik dengan saran Dedi. Selanjutnya, ia mengaku akan mematangkan rencana pembangunan pesantrennya. Namun, sampai saat ini detail rencana tersebut belum bisa diumumkan.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya