Jelang Libur Nataru, Waspada Hujan dan Licin di Jalan Tol

Astra Infra siapkan seluruh prasarana hadapi arus liburan

Subang, IDN Times - Astra Infra selaku pengelola tujuh ruas tol di Pulau Jawa memprediksi kenaikan arus lalu lintas kendaraan menjelang libur Natal dan tahun baru. Pengguna jalan diminta mewaspadai hujan yang bisa memicu kecelakaan.

Direktur Utama Astra Infra Solutions Ega N. Boga memperkirakan arus liburan kali ini dimulai pada 20 Desember 2021 hingga 9 Januari 2022. "Rata-rata terjadi kenaikan jumlah lalu lintas 5-7 persen dibandingkan (periode yang sama) 2020," ujarnya, Rabu (8/12/2021).

Dalam temu media secara virtual, Ega merinci periode puncak arus mudik dan balik saat libur Natal yakni Kamis-Minggu (23-26/12/2021). Sedangkan untuk puncak arus libur tahun baru terbagi dua periode: 30 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 untuk periode pertama dan yang kedua, 6-9 Januari 2022.

"Puncak arus lalu lintas di Tol Cipali diperkirakan terjadi pada 24 Desember 2021 sebanyak 76.055 kendaraan dari kedua arah," kata Ega, sambil menunjukkan infografis di layar virtual.

Sedangkan untuk puncak arus balik Natal kali ini diprediksi pada 26 Desember 2021 dengan jumlah 72.377 kendaraan.

1. Persiapan Astra Infra menghadapi libur Nataru

Jelang Libur Nataru, Waspada Hujan dan Licin di Jalan TolTangkapan layar

Ega mengaku telah mempersiapkan seribu lebih petugas di sepanjang tol. Di tujuh ruas tol yang dikelola Astra Infra juga disiapkan 552 kamera pengawas, 47 unit penderek, 34 armada patroli jalan raya, 18 ambulans, dan sembilan kendaraan penyelamat.

Astra Infra juga menyiagakan pusat panggilan selama 24 jam untuk menerima pengaduan dari penggunaan tol. Lebih lanjut, Ega juga mengaku telah mengantisipasi resiko bencana alam seperti banjir saat hujan.

"Hujan lebat bisa menyebabkan banjir. Karena itu, kami menyiapkan seluruh prasarana dengan harapan banjir tidak terjadi," kata Ega. Dalam situasi darurat seperti bencana alam, petugas dipastikan siap melakukan rekayasa lalu lintas seperti pengalihan jalur.

2. Astra Infra adaptif terhadap situasi lalu lintas saat Nataru

Jelang Libur Nataru, Waspada Hujan dan Licin di Jalan TolTangkapan layar

Kesiapan itu ditegaskan Direktur Utama Grup Bisnis Jalan Tol Astra Infra, Kris Ade Sudiyono. Termasuk, siap menjalankan semua aturan dan arahan pemerintah pusat dalam rangka pembatasan mobilisasi kendaraan.

Hingga saat ini, pihak Astra Infra diakui belum mendapatkan kepastian terkait teknis Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan sistem ganjil-genap di ruas tol. "Intinya kami sangat adaptif dengan situasi di lapangan dalam hal pengerahan petugas dan kebijakan yang diambil," kata Kris menyimpulkan.

3. Laju kendaraan terlalu cepat saat hujan, beresiko aquaplaning

Jelang Libur Nataru, Waspada Hujan dan Licin di Jalan TolIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Terakhir, Kris berpesan agar pengguna jalan mengikuti aturan batas maksimal kecepatan kendaraan saat hujan, yakni 70 kilometer per jam. Kris mengklaim penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan tol didominasi oleh kelalaian pengemudi.

Secara terpisah, investigator senior di Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan menjelaskan alasan kecepatan kendaraan dibatasi saat hujan. "Kendaraan berkecepatan di atas 70 kilometer per jam bisa mengalami aquaplaning," katanya.

4. Kendaraan dengan ban gundul sebaiknya melaju lebih pelan

Jelang Libur Nataru, Waspada Hujan dan Licin di Jalan Tolilustrasi memilih ban mobil (jpnn.com)

Aquaplaning atau hydroplaning adalah kondisi ban yang kurang menempel ke permukaan jalan akibat terlapisi air. Menurut Ahmad, kondisi itu bisa mengakibatkan tergelincir apabila pengemudi tidak bisa menguasai kendaraannya.

"Menurut satu riset, kecepatan di atas 70 kilometer per jam bisa mengurangi penapakan ban hingga 70 persen. Itu untuk kondisi ban normal. Kalau ban gundul sebaiknya kurangi kecepatan sampai 40 kilometer per jam," tutur Ahmad.

Baca Juga: Penyidikan Kecelakaan Vanessa di Tol Jombang, 8 Orang Diperiksa Polisi

Baca Juga: Peneliti UGM Sebut 4 Pemicu Kecelakaan di Jalan Tol 

Baca Juga: Fakta-Fakta Tol Jomo yang Jadi TKP Kecelakaan Vanessa Angel

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya