Incar Motor Matik, Waspadai Curanmor Jelang Libur Nataru

Polres Purwakarta tangkap empat pencuri spesialis motor

Purwakarta, IDN Times - Pencurian kendaraan bermotor mendominasi tindak kejahatan yang terjadi menjelang akhir tahun di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kepala Polisi Resor Purwakarta Ajun Komisaris Besar Suhardi Hery Haryanto mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kejahatan tersebut.

Hery menyebutkan dalam dua pekan terakhir jajarannya mendapatkan sejumlah laporan kasus curanmor. Beberapa pelaku pencuri sepeda motor itu pun berhasil diamankan polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Tersangka yang kita amankan di sini ada empat orang. Masing-masing berinisial RD, AR, TI dan ada lagi, JM," kata Hery, Selasa (30/11/2021). Pengungkapan kasus itu disampaikan dalam konferensi pers sehari sebelumnya.

1. Dari alat dan modus operandinya, diduga pencuri seorang spesialis

Incar Motor Matik, Waspadai Curanmor Jelang Libur NataruIlustrasi Curanmor (IDN Times/Sukma Shakti)

Dalam konferensi pers itu, Hery mengakui pengungkapan kasus kali ini berdasarkan laporan warga yang menjadi korban curanmor. "Modus operandinya ada yang gunakan kunci leter T, mencongkel (pintu/jendela) kemudian masuk ke dalam rumah, ada juga yang di sekitar rumah atau ruko," ujarnya.

Melihat barang bukti dan modus operandinya, Hery meyakini para pelaku termasuk pencuri spesialis sepeda motor. Selain itu, masing-masing pelaku juga diketahui telah melakukan kejahatannya beberapa kali di waktu dan tempat berbeda.

2. Pencuri bawa golok untuk melawan saat ketahuan

Incar Motor Matik, Waspadai Curanmor Jelang Libur NataruGolok ciomas (https://kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Selain mencuri kendaraan bermotor, para pelaku juga membawa sebilah golok saat melakukan aksinya. "Dari pengakuan pelaku itu untuk jaga-jaga kalau misalnya kepergok, mereka gunakan senjata tajam (untuk melawan)," kata Hery.

Para pelaku itu terancam hukuman penjara di atas lima tahun apabila terbukti melanggar Pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana. Hingga saat ini, Satuan Reserse Kriminal Polres Purwakarta juga terus mengembangkan penyelidikan untuk menjerat pelaku lainnya.

3. Polres Purwakarta siapkan antisipasi khusus jelang Nataru

Incar Motor Matik, Waspadai Curanmor Jelang Libur NataruIstimewa

Meskipun terjadi sejumlah kasus pencurian di daerahnya, Kapolres menilai situasi saat ini masih relatif kondusif. Menjelang libur Natal dan tahun baru, jajarannya juga akan melaksanakan antisipasi khusus untuk mencegah tindak kejahatan.

"Untuk antisipasi khusus kita lakukan patroli rutin pada siang hari, malam hari, juga dini hari," ujar Hery. Langkah itu salah satunya untuk mencegah pencurian kendaraan bermotor yang mulai meresahkan masyarakat.

4. Motor matik jadi incaran pencuri, jangan diparkir sembarangan

Incar Motor Matik, Waspadai Curanmor Jelang Libur NataruIlustrasi Parkir Motor (IDN Times/Sunariyah)

Sementara itu, Kepala Satreskrim Polres Purwakarta Ajun Komisaris Arief Bastomy memberikan masukan kepada masyarakat agar terhindar dari pencurian kendaraan bermotor. "Jangan parkir sembarangan, kalau perlu lengkapi dengan kunci tambahan," katanya.

Sejauh ini, Arief mengakui para pencuri itu cenderung mencuri sepeda motor matik. Ia menilai alasannya berkaitan dengan permintaan pasar yang lebih banyak membeli sepeda motor matik sehingga harganya juga masih tinggi.

Baca Juga: Dor! Pelaku Curanmor Puluhan TKP di Bandar Lampung Ditembak Polisi

Baca Juga: Kabupaten Subang Diminta Contoh Purwakarta untuk Raih Paritrana Award

Baca Juga: Guru di Pelosok Purwakarta Berjuang Lewati Jalan Rusak Demi Mengajar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya