Hujan Disertai Angin Tumbangkan Pepohonan dan Longsor di Purwakarta

Seorang pengendara Ojol luka parah tertimpa pohon besar

Purwakarta, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Purwakarta, Selasa(2/11/2021). Peristiwa ini mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa seorang pengendara sepeda motor di Jalan Raya Ciganea/Pemuda, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Kejadian serupa dilaporkan terjadi di beberapa lokasi dalam waktu bersamaan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono menduga bencana tersebut akibat angin kencang saat hujan deras, Selasa (2/11/2021) sore. "Anggota kami langsung diluncurkan ke lokasi," katanya.

Wibi mendapatkan laporan pohon tumbang di jalan tersebut pada pukul 15.20. Selain sepeda motor, pohon berukuran besar itu juga menimpa seunit kendaraan roda empat jenis sedan dan meruntuhkan patung menong di pinggir jalan.

1. Pengendara berjaket ojol mengalami luka berat

Hujan Disertai Angin Tumbangkan Pepohonan dan Longsor di PurwakartaPohon tumbang di halaman Masjid Agung Atsauroh di Serang, Banten, Selasa (14/9/2021). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dalam kejadian itu dilaporkan seorang pengendara sepeda motor yang mengenakan jaket ojek daring/online menjadi korban. Dari kartu identitasnya, korban tertulis bernama Endik Rustandi asal Kelurahan/Desa Cigadung, Kecamatan/Kabupaten Subang.

"Informasi terkini, korban luka berat dan sudah dilakukan penanganan di Rumah Sakit Bayu Asih Purwakarta," kata Wibi. Selain menelan korban luka, pohon tumbang itu pun menyebabkan kemacetan panjang di Jalur Purwakarta-Padalarang.

2. Warga lebih dulu merekam korban dibandingkan menolongnya

Hujan Disertai Angin Tumbangkan Pepohonan dan Longsor di PurwakartaIlustrasi Korban (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari video amatir yang beredar di dunia maya terlihat tubuh korban terkulai di aspal dengan darah yang mengucur dari kepalanya. Meskipun darah yang keluar cukup banyak, tubuh korban terlihat masih bergerak seperti kejang-kejang.

Ironisnya, warga yang melihat korban terluka parah justru tidak langsung menolong. Mereka malah lebih dulu merekam korban menggunakan kamera telepon genggam masing-masing.

3. Penanggulangan pohon tumbang disebut ranah Dinas Ciptakarya

Hujan Disertai Angin Tumbangkan Pepohonan dan Longsor di PurwakartaIlustrasi pohon tumbang. Dok.IDN Times/Istimewa

Menurut pemantauan wartawan, angin kencang juga mematahkan ranting-ranting pohon berukuran besar. Potongan ranting itu terlihat berjatuhan di pinggir jalan layang di atas rel kereta api Desa Ciwangi Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta.

Namun, DPKPB Kabupaten Purwakarta hingga saat ini belum mendata korban lainnya akibat kejadian tersebut. Menurut Wibi, penanggulangan pohon tumbang bukan tugas instansinya. "Itu di ranah Bidang Taman (Dinas Ciptakarya Purwakarta)," katanya.

4. Tanah longsor menutupi Jalur Purwakarta-Wanayasa

Hujan Disertai Angin Tumbangkan Pepohonan dan Longsor di PurwakartaAbdul Halim/IDN Times

Sementara itu, hujan lebat juga diduga mengakibatkan longsor di Jalan Kapten Halim Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Kejadian itu dilaporkan pukul 16.15 WIB di Kampung Pasirdadap Desa Wanayasa.

"Tidak ada korban jiwa, hanya longsoran kurang lebih 15 meter menutup jalan akses Purwakarta-Wanayasa dan saat ini sedang dilakukan pembersihan jalan oleh Damkar UPTD Wanayasa," tutur Wibi.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim, Bandung Dikepung Banjir dan Longsor Usai Hujan Deras

Baca Juga: Tebing Lembang Longsor, Arus Lalu Lintas Terputus

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya