Gelar Vaksinasi Massal, Polres Purwakarta Kebanjiran Warga

Antusiasme masyarakat tak sebanding dengan jumlah vaksin

Purwakarta, IDN Times - Masyarakat antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 secara massal di Markas Polisi Resor Purwakarta, Sabtu (26/6/2021). Jumlah peminat vaksinasi membludak hingga banyak warga yang tak kebagian.

Program vaksinasi massal kali ini diselenggarakan di seluruh kantor polisi sektor wilayah hukum Polres Purwakarta. Wakil Kepala Polres Purwakarta, Komisaris Satrio Prayogo, membagi vaksinasi serentak di 20 lokasi.

"Sudah kami distribusikan (vaksin) untuk kurang lebih 3.996 orang. Jadi pelaksanaannya yang pertama di Mapolres dan 20 Puskesmas yang ada di kecamatan-kecamatan di Purwakarta," tutur Satrio saat ditemui di Mapolres Purwakarta.

1. Warga luar Purwakarta diperbolehkan ikut vaksinasi massal

Gelar Vaksinasi Massal, Polres Purwakarta Kebanjiran WargaAbdul Halim/IDN Times

Satrio menjelaskan, sasaran vaksinasi kali ini mulai dari usia 18 tahun hingga lanjut usia. Masyarakat cukup datang ke lokasi vaksinasi massal membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat pendaftaran peserta vaksinasi.

"(Syarat vaksinasi) bisa juga KTP dari luar Purwakata tapi berdomisili di Purwakarta," ujar Satrio, menegaskan. Karena itu pula peminat vaksinasi tersebut membludak hingga banyak di antara warga yang tak kebagian.

2. Warga ingin divaksinasi karena banyak pekerja yang terpapar COVID-19

Gelar Vaksinasi Massal, Polres Purwakarta Kebanjiran WargaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Para peserta vaksinasi yang telah mendaftar diatur secara ketat untuk menjaga jarak fisik di lokasi. Selain itu, petugas juga memisahkan ruangan penyuntikan vaksin untuk laki-laki dan perempuan.

Salah seorang peserta vaksinasi, Joni (28 tahun) mengaku sengaja datang ke Klinik Bhayangkara Polres Purwakarta dari Kecamatan Babakancikao. "Saya tahu ada vaksinasi massal dari media sosial. Saya ingin divaksinasi karena takut COVID-19 di Purwakarta sekarang sedang banyak," katanya.

Joni yang bekerja sebagai buruh di salah satu pabrik di Kabupaten Karawang merasa khawatir dengan kesehatannya. Pasalnya, banyak di antara pekerja yang terpapar COVID-19.

3. Realisasi vaksinasi COVID-19 di Purwakarta mencapai 25 persen

Gelar Vaksinasi Massal, Polres Purwakarta Kebanjiran Warga(Ilustrasi) antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sebelumnya, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Purwakarta juga telah melakukan vaksinasi massal di Gelanggang Olahraga Purnawarman pada Rabu (23/6/2021) dan Jumat (25/6/2021) kemarin. Target vaksinasi tersebut ialah warga lansia dan panitia Pemilihan Kepala Desa.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengklaim program vaksinasi COVID-19 berhasil meningkatkan pencapaian target hingga 25 persen. "Untuk tenaga kesehatan dan pendidikan sudah mencapai target. Yang masih rendah memang dari kaum lansia itu masih lima persen," ujarnya.

4. Masyarakat hingga pelaku usaha menagih giliran vaksinasi

Gelar Vaksinasi Massal, Polres Purwakarta Kebanjiran WargaDok Pemkab Purwakarta

Lebih lanjut, Anne meyakinkan, antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi cukup tinggi. Namun, ia mengakui suplai vaksin dari pemerintah Provinsi Jawa Barat masih terbatas untuk daerahnya.

Selain masyarakat umum, para pelaku usaha juga terus meminta jatah vaksin untuk para pekerjanya. "Sudah banyak perusahaan yang minta divaksin tapi sampai sekarang belum ada kejelasan soal Vaksin Gotong Royong dari pusat," kata Anne mengeluhkan.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya