Dinkes Pastikan Tak Ada Penambahan Kasus Polio di Purwakarta

Realisasi imunisasi polio di Purwakarta melampaui target

Purwakarta, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta memastikan tidak ada penambahan kasus baru polio. Dari delapan anak yang dinyatakan positif polio, hanya seorang di antaranya yang menunjukkan gejala.

"Tujuh anak yang lain dalam kondisi yang sehat," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Purwakarta, Eva Lystia saat dihubungi, Rabu (10/5/2023). Saat ini, pemerintah terus berupaya mencegah penyebarannya melalui imunisasi.

Bahkan, realisasi Sub-Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Kabupaten Purwakarta melampaui target. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengklaim realisasi target mereka mencapai 102,1 persen atau sebanyak 79.658 anak usia 0-59 bulan.

Sedangkan, target yang ditetapkan sebelumnya sebanyak 78.020 anak. Keberhasilan itu pun membuat Kabupaten Purwakarta memperoleh penghargaan nasional Respons Imunisasi Terbaik dari Kementerian Kesehatan RI.

Anne menilai penghargaan kali ini merupakan apresiasi yang tinggi bagi daerahnya. “Penghargaan ini sekaligus sebagai penyemangat agar kita bekerja lebih keras lagi dalam melayani dan melindungi kesehatan masyarakat," katanya, kemarin.

1. Penghargaan diberikan pada acara puncak PID 2023

Dinkes Pastikan Tak Ada Penambahan Kasus Polio di Purwakartadok Diskominfo Purwakarta

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan RI Prima Yosephine dalam perayaan puncak Pekan Imunisasi Dunia (PID) 2023 Indonesia di Jakarta pada Minggu (7/5/2023) lalu.

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Dinas Kesehatan Purwakarta yang telah bekerja sangat keras. Semoga ini bisa semakin meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Purwakarta," tutur Anne.

2. Dinkes Purwakarta datangi langsung rumah-rumah

Dinkes Pastikan Tak Ada Penambahan Kasus Polio di Purwakartadok Diskominfo Purwakarta

Dalam keterangan pers yang disampaikan Dinas Komunikasi Informasi Purwakarta, bupati menyampaikan apresiasi kepada pihak lain yang membantu. Sehingga, pelaksanaan Sub-PIN Polio di Jawa Barat tahap pertama pada 3-15 April 2023 bisa berjalan lancar sesuai harapan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta Deni Darmawan mengatakan langkah awal yang dilakukannya adalah sweeping atau mendatangi rumah-rumah warga yang memiliki balita berusia 0-59 bulan. “Informasi imunisasi polio juga kami sebar melalui media agar masyarakat bisa dengan mudah mengaksesnya," katanya.

3. Koordinasi hingga ke tingkat RT-RW di setiap desa

Dinkes Pastikan Tak Ada Penambahan Kasus Polio di Purwakartailustrasi vaksinasi (unsplash.com/Ed Us)

Selain itu, Dinkes Purwakarta juga memperkuat koordinasi hingga ke tingkat RT-RW di desa-desa. Deni mengatakan hal Itu untuk memastikan para tenaga kesehatan yang diterjunkan dapat memberikan pemahaman mengenai pentingnya mengatasi bahaya polio kepada masyarakat.

"Ibu Bupati menginstruksikan agar semua potensi kita optimalkan untuk menyukseskan imunisasi polio serentak. Mulai dari pasar, rumah sakit, posyandu, sampai dengan kader PKK di desa-desa kita juga libatkan," kata Deni.

4. Imunisasi menyusul temuan kasus polio di Purwakarta

Dinkes Pastikan Tak Ada Penambahan Kasus Polio di Purwakartailustrasi polio (freepik.com/Freepik)

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta bergerak cepat untuk bisa segera mengatasi penyakit polio. Langkah itu menyusul ditemukannya satu kasus polio yang menyerang seorang anak berusia empat tahun di Kecamatan Maniis.

Hingga saat ini, Dinkes Purwakarta mengklaim dapat mengendalikan peredaran virus polio melalui imunisasi. Mereka juga diakui telah melakukan uji sampel orang-orang terdekat dari kasus pertama untuk mencegah penularan lebih luas.

Baca Juga: Kasus Positif Polio di Purwakarta Bertambah Jadi Tujuh Anak

Baca Juga: Lebaran 2023, Kunjungan Wisata ke Purwakarta Melebihi Target

Baca Juga: Lebaran 2023, Klaim JHT di BPJamsostek Purwakarta Membludak

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya