Densus 88 Geledah Rumah di Karawang Terkait Terorisme

Petugas menyita dua dus buku dan dokumen milik LN

Karawang, IDN Times - Tim Detasemen Khusus 88 Anti-teror Polisi Republik Indonesia menggeledah rumah di Desa Klari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Senin (5/4/2021). Penggeledahan itu diduga berkaitan dengan kasus terorisme.

Berdasarkan keterangan warga, rumah di Blok C Nomor 06, Perumahan Klari Regency dihuni warga Karawang berinisial LN (35) sebagai tempat tinggal sementara. Warga memperkirakan yang bersangkutan baru tinggal di sana selama tiga bulan terakhir.

1. Dilacak sejak Sabtu (3/4/2021).

Densus 88 Geledah Rumah di Karawang Terkait TerorismeIlustrasi Investigasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Tim Densus 88 diketahui sudah mendatangi perumahan tersebut sejak akhir pekan lalu. Warga di lingkungan perumahan itu pun mencurigai maksud kedatangan mereka tak lain untuk menangkap terduga teroris atau yang berkaitan dengan itu.

“(Tim Densus 88) datang Ba’da Zuhur (sekitar pukul 12.30 WIB),” kata salah seorang warga, Ahmad Ngafif (29).

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al-Karamahtussalam Perumahan Klari Regency itu mengaku terkejut saat polisi akhirnya menyasar salah satu rumah warga di lingkungannya.

2. Penggeledahan disaksikan warga

Densus 88 Geledah Rumah di Karawang Terkait TerorismeTim gabungan melakukan penggeledahan rumah terduga pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Ahmad bersama sejumlah tokoh masyarakat setempat juga sempat didatangi oleh beberapa personel bersenjata lengkap. Warga ternyata diminta menyaksikan pemeriksaan dan penggeledahan di rumah tersebut.

“Mereka (Tim Densus 88) meminta untuk didampingi dan menyaksikan pemeriksaan serta penggeledahan sebuah rumah yang disinggahi oleh seorang pria yang katanya terlibat ke dalam jaringan terorisme di Indonesia,” tutur Ahmad menegaskan.

3. Penggeledahan berlangsung hampir tiga jam

Densus 88 Geledah Rumah di Karawang Terkait TerorismePixabay

Ahmad menggambarkan, lokasi rumah singgah sementara LN itu berada tepat di depan Masjid Al-Karamahtussalam Perumahan Klari Regency. Sehingga, banyak di antara warga lainnya yang menyaksikan penggeledahan polisi dari kejauhan.

“Pemeriksaan dan penggeledahan berlangsung hampir tiga jam, dari Ba’da Zuhur hingga selesainya itu pada Ba’da Ashar (sekitar pukul 15.30 WIB)," kata Ahmad menjelaskan.

4. Tim Densus 88 menyita dua dus besar

Densus 88 Geledah Rumah di Karawang Terkait TerorismeIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari rumah tersebut, Tim Densus 88 disebut menyita dua dus besar berisikan dokumen dan buku-buku. Namun, warga tidak bisa memastikan apa isi buku dan dokumen tersebut.

"Ada berkas-berkas yang dibawa dalam map. Saya tidak tahu itu berkas apa, yang saya tahu itu berkas milik seorang pria yang menjadi terduga teroris berdasarkan informasi yang kita terima pada saat pemeriksaan dan penggeledahan itu,” tutur Ahmad.

5. Dipasangi garis polisi

Densus 88 Geledah Rumah di Karawang Terkait TerorismeIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Setelah penggeledahan tersebut, Tim Densus 88 langsung meninggalkan lokasi. Selanjutnya, rokasi langsung diambil alih jajaran Kepolisian Sektor Klari dan Kepolisian Resor Karawang.

Petugas kemudian memasangkan garis polisi menghalangi bagian jendela dan pintu rumah tersebut. Namun, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian setempat hingga saat ini. 

Baca Juga: [BREAKING] Densus 88 Tangkap Teroris di Bekasi Pemilik Bom dan Bahan Peledak

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya